HeaderBundaLillah

10 Tips Ringan Menjaga Mata Untuk Para Jelita

 

Tips menjaga kesehatan mata




Menua itu sebuah kepastian. Sedikit demi sedikit fungsi organ tubuh pun mulai berkurang, mata di antaranya. 10 Tips ringan menjaga mata untuk para jelita ini, mudah-mudahan bisa sedikit membantu kita yang berusia senja menjaga organ terpenting.

Seluruh kegiatan yang kita lakukan sehari-hari, tidak akan pernah lepas dari peran mata sebagai indera penglihatan. Meski tentu saja fungsi ini bisa menurun karena berbagai sebab. Bisa karena buruknya pemakaian mata, bisa juga karena pertambahan usia. Tetapi tentu kita bisa melakukan berbagai hal untuk menjaga kesehatan mata juga mencegahnya dari berbagai penyakit.


Beginilah Manula


Sebuah kata yang bagus disematkan bagi kami, manusia yang memasuki usia paruh baya, yakni jelita. Jelang lima puluh tahun yang bisa jadi merupakan momok bagi sebagian besar orang. Nggak heran kemudian muncul istilah krisis paruh baya. Rasa insecure yang tiba-tiba menyerang karena menurunnya fungsi organ di sana sini.

Menjadi jelita atau bahkan Lolita (lolos lima puluh tahun) tentu bukan pilihan melainkan ketetapan. Memang menjadi perlu bagi kita untuk semakin peduli tentang kesehatan, ibadah, kemandirian dan lainnya. Mempertahankan kondisi prima menjadi sebuah pilihan jika ingin hidup lebih layak.

Satu cerita lucu Bunda alami saat melingkar bersama teman-teman yang usianya sebaya alias jelita bahkan ada yang Lolita. Masuk ke agenda tilawah Al Qur’an, tetiba beberapa di antara kami termasuk Bunda, agak terbata-bata membacanya. Bukan karena tidak bisa, mengingat kami semua adalah guru mengaji, tapi rupanya karena mata. Ya Rob… Bahkan saat itu Bunda terpaksa pinjam kacamata baca milik teman.

Yah, inilah realita yang harus kami hadapi. Mau tidak mau, sebenarnya sejak usia 40, semua mata akan mengalami yang namanya hipermetropi alias rabun jauh atau yang singkat adalah plus. Maka menjelang lima puluh tahun, dah kebayang kan berapa plusnya.

Tulisan-tulisan kecil menjadi musuh bagi kami, karena terpaksa menjauhkan objek baca dari mata. Hobi membaca semakin sulit dilakukan tanpa kacamata baca. Bahkan teman Bunda ada yang sudah tidak bisa membaca buku sama sekali meskipun sudah memakai kacamata. Bersyukur ada gawai yang bisa diperbesar layarnya, sehingga sekarang sangat tergantung dengan gawai.

10 Tips Ringan Menjaga Mata Untuk Para Jelita


Mengingat fungsi mata yang sangat penting bagi manusia, maka kesehatannya harus selalu dijaga. Ada beberapa tips menjaga kesehatan mata yang dapat kita lakukan. Karena dengan mata yang sehat, kita bisa melihat jelas dan melakukan kegiatan sehari-hari dengan nyaman. Berikut tipsnya:

1. Melakukan pemeriksaan mata dengan rutin


Pemeriksaan mata berkala bukan hanya bagi lansia, tapi sejak dini paling tidak dua tahun sekali harus diperiksakan. Buat mereka yang berusia di atas 40, bahkan dilakukan setahun sekali.

Pemeriksaan mata secara berkala merupakan pemeriksaan yang penting terhadap kesehatan mata Anda. Selain untuk memeriksa apakah lensa kacamata Anda masih sesuai dengan Anda, pemeriksaan mata juga dapat mendeteksi penyakit mata, seperti glaukoma dan katarak, serta masalah kesehatan umum lainnya seperti diabetes dan hipertensi.

2. Memakai kacamata hitam saat di luar rumah


Tentu bukan buat gaya-gayaan ya, tapi memang perlu menjaga mata dari sinar ultraviolet yang bisa menjadi salah satu penyebab katarak, satu penyakit yang sering menyerang lansia.

3. Menjaga nutrisi makanan


Anak-anak era 80an pasti tahu lagu yang bunyinya

Kurang vitamin A, kau buta senja
Kalau makin lama, matamu buta
Tak perlu kau susah untuk menjaga
Makan saja buah sayur berwarna

Lagu ini ampuh sekali di masa itu untuk merangsang anak mau makan sayur dan buah berwarna yang banyak mengandung beta karoten, zat yang bagus untuk mata.


4. Olahraga teratur


Sirkulasi tubuh yang baik dan asupan oksigen, sangat penting untuk kesehatan mata. Keduanya bisa kita dapatkan dengan baik melalui olahraga teratur.

5. Menjaga pola hidup sehat


Keseimbangan tubuh bisa kita hasilkan dengan menjaga pola hidup sehat. Gaya hidup yang berlebih tentu akan menimbulkan banyak penyakit dalam tubuh. Salah satunya adalah diabetes yang bisa menyebabkan retinopati, salah satu penyakit mata yang menurunkan fungsi mata.

6. Menggunakan pencahayaan yang baik saat melakukan aktifitas apapun


Nah, ini nih yang sering bikin Bunda kena omel suami, karena senengnya buka hape tapi ruangan kamarnya gelap. Pasti langsung beliau nyalakan.

Ya, pencahayaan yang baik akan sangat membantu kita dalam beraktifitas. Pencahayaan yang baik juga sangat membantu mata tidak bekerja di luar bebannya.

7. Memberi batasan menatap layar computer atau gadget


Kita tahu, alat-alat elektronik mengandung radiasi. Padahal yang namanya gadget, sekarang ini menjadi alat utama dalam kehidupan, tak terkecuali dengan para lansia. Usahakan setiap 2 jam pemakaian, segera istirahat, karena biasanya akan terjadi ketegangan otot mata.



Tips interaksi dengan gadget



8. Tidur cukup


Waktu tidurnya lansia tentu berkurang dari orang pada umumnya, tapi tentu saja ada kisaran waktu yang harus kita penuhi. Saat kita tidur, mata secara alamiah terus dilumasi air mata untuk membersihkan debu atau asap yang mungkin menumpuk di siang hari. Hal ini akan menghindarkan kita dari iritasi.

9. Hindari banyak terpapar sinar ultraviolet


Buat lansia yang masih beraktivitas di luar rumah, perlu memperhatikan intensitas terpapar matahari. Jika memungkinkan, hindari sinar UV secara langsung.

10. Berhati-hati dalam penggunaan make up


Beberapa produk make up ada yang menimbulkan iritasi pada mata. Yang Bunda alami di antaranya pemakaian celak mata, kadang jika kurang hati-hati sampai berair mata dibuatnya.

Nah Mommies, itulah beberapa tips ringan menjaga mata agar dapat berfungsi baik sampai tua kelak. Mudah-mudahan penjagaan dari kita, akan juga dipurnakan Allah swt. Ammiien…

Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar