HeaderBundaLillah

Popmama Parenting Academy 2021, Kanal Belajar Millennials Mama

13 komentar

 

Popmama Parenting Academy



Popmama Parenting Academy, bakal datang lagi di tahun 2021 ini lho Moms. Kanal parenting yang cocok sekali bagi para millennial mama untuk belajar. Bagaimana tidak, berita dan informasi yang disajikan selalu up to date setiap harinya. Mommies sama sekali nggak rugi deh kalau buka kanal ini.

Jujur, Bunda termasuk yang telat mengetahui situs Popmama ini. Kalau bukan karena info di grup IIDN, bahwa ada kegiatan seru plus lomba yang digelar jelang akhir tahun, pasti lewat begitu aja. Yang parah, ya nggak tahu bahwa ada situs super duper komplet tentang parenting.


Boleh dibilang Bunda memang bukan millennial mama, lebih cocok disebut old mama, hehehe. Dengan anak sulung yang berusia 22 tahun, sudah berlalu jauh masa-masa keemasan Bunda sebagai mama. Tapi karena si bontot masih berusia 10 tahun, oke lah..banyak ilmu yang tetap bisa Bunda serap di kanal keren ini.

Belajar Parenting itu Harus


Pernah mendengar istilah burnout? Yup, kondisi mental dan fisik yang lelah hingga pada titik segala sesuatu sudah tidak terasa menyenangkan. Beberapa kasus kemudian berakhir dengan bunuh diri. Di tahun 2018 bahkan ada dua ibu (Payakumbuh dan Semarang) yang mengakhiri hidupnya dan diduga mengalami burnout.

Burnout ternyata berbeda dengan stres. Boleh dibilang burnout ini tahapan berikutnya dari stres. Orang dengan stres biasa, masih tahu bagaimana menghadapi masalah penyebab stres itu berikut solusinya. Mereka masih bisa mengendalikan himpitan tekanan yang dihadapi, sehingga ada jeda merasa baik.

Orang dengan burnout akan merasa terkuras baik fisik dan mentalnya. Mereka selalu merasa kosong, kelelahan mental, nggak ada motivasi bahkan jadi acuh dengan sekelilingnya. Mereka seolah tidak melihat harapan atau sisi positif dari hidupnya.

Yang menyedihkan, penyebab burnout pada ibu rumah tangga, selain faktor ekonomi dan pasangan, ternyata juga terkait pengasuhan anak. Ketidaktahuan menghadapi perkembangan anak membuat seorang ibu keras putus asa dan merasa frustasi.

People changed. Anak yang berkembang akan berubah dari waktu ke waktu. Seorang ibu yang tidak mau atau tidak punya kesempatan untuk belajar tentang parenting, akan selalu tergagap menghadapi perubahan pada anaknya.

Belajar parenting bukan sekedar main keren-kerenan, tapi memang sebuah kebutuhan. Apalagi jika mengingat bahwa setiap ibu mengalami kesenjangan usia dan generasi yang jauh dari anaknya. Maka itulah sebab, dalam parenting nabawi, Rasulullah saw mengatakan untuk mendidik anak sesuai zamannya.

Manfaat Belajar Parenting


1. Menumbuhkan kesadaran orangtua akan peran pengasuhan


Di era digital yang serba canggih ini, tetap saja orang tua adalah pusat pengasuhan anak. Tidak ada peran pengasuhan yang bisa didelegasikan dengan sempurna kepada orang lain. Di sini kita belajar memahami bahwa anak adalah individu yang berbeda. Harus kita terima dan hadapi keunikan dari masing-masing anak.

2. Orang tua tahu bagaimana menjadi tauladan terbaik bagi anaknya


Dalam Islam ada istilah bahwa ibu ada sekolah pertama bagi anak dan ayah tentu menjadi kepala sekolahnya. Sejak anak membuka mata, yang ia amati dan kemudian imitasi adalah orang tuanya. Ilmu parenting mengajarkan, keteladanan adalah hal terpenting dalam keluarga.

3. Meningkatkan ketrampilan mendidik


Belajar parenting membuat orang tua tahu bagaimana melarang anak tanpa membuatnya menangis. Orang tua juga akan tahu teknik mendisiplinkan yang disukai anak dan berhasil efektif bagi orang tua.

Ketika anak beranjak besar, maka pengetahuan orang tua pun bertambah semakin baik. Bagaimana menghadapi anak remaja tanpa intervensi, juga tentang komunikasi yang menghangatkan dan lain-lain.

4. Mengetahui kebutuhan anak


Setiap anak punya tangki cintanya masing-masing. Salah mengisi tangki itu maka mereka akan menjadi anak yang merasa kehilangan kasih sayang.

Setiap anak punya gaya belajar yang berbeda, mengetahuinya akan memudahkan orang tua dalam mengajarkan anak, dan begitu seterusnya.

Yuk Belajar Parenting di Popmama


Ada banyak alasan menjadikan Popmama.com sebagai sumber referensi dalam mendidik anak. Mengutip laman situsnya, Popmam.com adalah media online yang selalu menampilkan konten berharga, update dan relevan untuk semua millennial mama di Indonesai.

Mommies bakal menemukan berbagai informasi, tips juga trik yang akan menjadikan kita sebagai mama terbaik. Tidak melulu ilmu parenting, tapi juga berita yang sedang hits di seluruh dunia bisa kita dapatkan di situs ini. Tambahan lagi, ada banyak pakar yang siap membantu, tentunya dengan saran-saran sesuai kompetensi mereka.

Konten di situs ini pun ditampilkan dengan sudut pandang dan cara penyajian yang berbeda dari situs kebanyakan. Popmama.com menggunakan banyak visual, video, list, dan humor dalam penulisan artikelnya. Ya, itu semua sesuai dengan visinya yang bertekad menjadi media online yang paling mengerti kebutuhan millennial mama dalam menjalani kehidupannya sebagai orangtua.

Popmama Parenting Academy 2021


Sebagai portal berita parenting yang merupakan bagian dari IDN Media, sebuah perusahaan media multiplatform untuk millennial dan generasi-Z, Popmama kembali mengadakan Parenting Academy di penghujung tahun ini.

Empat pilar acara Popac adalah kesehatan, pendidikan, child abuse (kekerasan pada anak), juga masalah keuangan. Ada empat juga acara utama yang akan digelar di sini:

1. Community awards


Komunitas berperan penting sebagai salah satu support system yang mendukung kegiatan Mama. Utamanya selama pandemi yang hanya bisa berinteraksi di dunia maya adalah memberikan dukungan moral.

Melihat pentingnya peran itu, Popmama.com berinisitif untuk mendukung para komunitas ini tetap aktif. Salah satunya dengan memberikan apresiasi tinggi kepada mereka.


Di POPAC 2021, ada dua ketegori untuk Community Awards yakni Educative Community Award yang ditujukan untuk komunitas yang paling mendidik.


Lalu ada Supportive Community yang ditujukan untuk komunitas paling supportif. Penghargaan ini diberikan dalam rangka POPAC 2021 yang tahun ini mengambil tema "Parents Support Parents”.

2. Donasi bareng Kitabisa


Donasi Popac
Popmama.com



Anak-anak adalah generasi harapan bangsa yang harus kita jaga masa depannya. Di masa pandemi seperti ini, boleh dibilang mereka banyak mengalami kehilangan. Mulai dari sekolah harus online, hilang waktu bermain di luar rumah dan yang paling menyedihkan tentunya anak-anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19.

25.000 anak di Indonesia terpaksa menjadi anak-anak yatim bahkan juga piatu. Teman Bunda sendiri, adiknya meninggal hanya sepuluh hari setelah istrinya. Mereka meninggalkan dua anak yang masih di usia sekolah.

Sejalan dengan tagline dari event Popmama Parenting Academy 2021, yaitu “Parents Support Parents”, berharap para orang tua bisa saling mendukung satu sama lain untuk menjaga generasi anak Indonesia yang harus tumbuh di tengah situasi pandemik.

Penggalangan dana ini dilakukan melalui platform Kitabisa.com dan akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

Seluruh dana yang terkumpul akan digunakan untuk membantu biaya pendidikan dan kebutuhan harian anak-anak yang kehilangan orangtuanya karena Covid-19. Periode penggalangan dana berlangsung hingga 31 Desember 2021.

3. Popmama Little Star


Bersyukur makin ke sini, makin banyak orangtua yang memahami bahwa anak-anak memiliki bakat berbeda-beda. Setiap anak, spesial dengan apa yang telah Allah berikan pada mereka.

Sebagai orangtua, tugas kita mengenal dan menggali bakat yang mereka miliki sebagai bekalan saat besar nanti. Nah, buat anak Mommies yang sudah kelihatan bakatnya, boleh nih unjuk kemampuan di acara Popmama Little Star.

Pssst…bertabur banyak hadiah lho untuk ananda.

4. Lomba blog


Lomba Blog
Popmama.com



Buat Mommies yang juga blogger, ikuti yuk kompetisi blog review competition dengan menampilkan karya terbaiknya ya. Kompetisi ini akan berlangsung selama kurun waktu 1-30 November 2021.

Pengumuman pemenang blog review competition diadakan pada: Rabu, 22 Desember 2021 dalam Awarding Night Popmama Parenting Academy 2021 dan akan dimuat di sosial media Popmama.com ya.

Penutup


Panduan Parenting
Popmama.com



Carut marut kehidupan di dunia saat ini membawa keprihatinan besar bagi kita semua. Beragam upaya dalam proses pengasuhan anak, kerap kali masih menemukan celah untuk dikritisi. Berapa banyak orangtua yang kemudian merasa patah arang karena gagal mendidik anak.

Dalam kondisi seperti ini, tentu kita perlu memiliki panduan untuk memahami dan mengerti cara mendidik terbaik buat mereka. Di sinilah Popmama.com kemudian mengambil peran dengan membuat buku Parenting Guide for Pandemic Generation, panduan mengasuh generasi pandemi untuk semua orangtua.

Buku panduan pengasuhan generasi pandemi ini adalah salah satu rangkaian program Popmama.com Parenting Academy 2021: Parents Support Parents. Buku dengan format e-book ini nanti bisa didownload dari website Popmama.com.

Duh…duh…duh, kurang apalagi ya Popmama.com memanjakan kita semua dengan seabrek aktifitas parenting yang menakjubkan. Jadi yuk, Mommies, jangan ketinggalan event Popmama Parenting Academy 2021 ini. Bukan hanya untuk para millennial mama, kita yang dah jelita pun harus ikut. Siapa tahu bentar lagi dapat cucu. Ahaaaa.. .

Terbaru Lebih lama

Related Posts

13 komentar

  1. Good luck Bunda dengan popmama-nya
    Semoga semakin banyak para ibu dan calon ibu yang merasakan kebermanfaatan dari informasi tentang parenting dari popmama

    BalasHapus
  2. Wah, memang benar ya Bun, sebagai seorang ibu muda memang harus banyak belajar tentang pengasuhan supaya tidak berimbas pada kondisi stress. Keren2 ya kegiatan di Pop Mama ini 👍

    BalasHapus
  3. Sebagai ibu tiga anak, aku pun masih butuh banyak belajar lagi. Dan keberadaan POPMAMA sangat membantu sekali. Beruntung telah mendapat informasi kanal parenting ini. Terimakasih bunda ..

    BalasHapus
  4. setuju, bun. belajar parenting itu penting, apalagi mamak muda macam aku yg belum punya pengalaman sama sekali. ikutan popmama ini bisa panen ilmu ya..

    BalasHapus
  5. Ngeri banget ya bun, tapi nyata banget itu burnout. Dan emak-emak paling rawan sih karena keseringan multi tasking.

    Aku nggak sabar buat join POPAC 2021, narasumbernya juga kece-kece :)

    BalasHapus
  6. Wah Popmama Parenting Academy 2021 sebentar lagi ya.. Asiik pengen segera join deh, ini pasti keren banget acaranyaa.. Bisa mengusir burn out juga kan.

    BalasHapus
  7. Habis baca ini, aku jadi penasaran sama yang namanya Pop Mama... Kayaknya seru banget ya... Kapan nih ada "Pop Papa" ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fyi, popmama itu adalah "judulny" tapi kepesertaanya juga boleh dihadiri oleh para papa..

      Jadi bisa nih buat para calon bapak dan bapak2 buat hadir.

      Hapus
  8. Cucuuu...hahaha...bu lillah emang bentar lagi ya dapet cucunya insyaAllah

    BalasHapus
  9. Semangat selalu bunda lillah... Akupun jadi penasaran pingin segera join sama pop mama academy 2021 nih..

    BalasHapus
  10. Sepertinya bakal seru banget acara Popmama Parenting Academy 2021 ini.. Harus pasang alarm biar gak lupa acaranya nih karena narasumbernya juga para ahli terpercaya :D

    BalasHapus
  11. Nggak jauh beda kita, sulungku 23 mau 24 Desember nanti, bungsuku 11 tahun. InsyAllah April jadi nenek.... Wah kebanyang jalan sama cucu trus dikira anak bungsu.. Wkwkwk sok muda aja.

    BalasHapus
  12. Popmama memang menjadi wadah buat para mama ingin terus belajar dan upgrade ilmu serta informasi ya

    BalasHapus

Posting Komentar