HeaderBundaLillah

My Fave Blog, My Inspiration

10 komentar

My Fave Blog

 

Berkenalan dengan dunia blog sebenarnya sudah lama. Tapi awalnya hanya menjadi penerima manfaat. Ada my fave blog saat itu yang banyak bantu kalau mentok pas mau ngajar mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup. Tapi kok bunda lupa ya namanya, dah kelamaan soalnya. Bunda ngajar Pendidikan Lingkungan Hidup sampai 2013.

Selain ngulik blog orang buat referensi mengajar di kelas, lebih sering lagi ngulik blog agama. Ya, karena sejak awal sudah biasa mengisi kajian atau majlis taklim, maka harus punya banyak bahan bacaan. Kitab yang bunda miliki terbatas, apalagi ketika tinggal di Semarang, satu lemari besar bunda berikut isinya habis dimakan rayap. Semakin berkurang saja bahan baca untuk mengisi kajian.

Blog yang biasa diakses sejak dulu adalah www.eramuslim.com, www.dakwatuna.com, www.konsultasisyariah.com, www.rumaysho.com, www.ibnukatsironline.com, dan www.tarbiyah.net. Sampai sekarang, sebagian di antara itu semua masih bunda akses. Mudah-mudahan amal jariyah para penulisnya terus mengalir meski mereka sudah tiada.

Tetiba nge-blog


Berawal dari keponya bunda sama banyak hal, ikutlah seleksi jadi pesertanya blogspedia coaching batch 1. Wow…wow..wow…ini kelas apa? Super duper keren sih kelasnya. Lebih keren lagi karena akhirnya mata bunda terbuka kenapa harus serius main di blog. Ya itu tadi, amal jariyah yang bakal didapat kalau ada orang yang terpengaruh hal baik setelah mereka baca tulisan kita. Ini yang gak bisa dibeli.

Akhirnya makin banyak blog yang bunda kenal dan menginspirasi, khususnya dari kelas blogspedia. Jujur, makin terbelalak mata ini dengan kehebatan mereka mengemas tulisan yang ciamik, yang kadang bunda sama sekali nggak ngeh bahasannya. Terkesan receh, tapi makjleb ke hati. Belum lagi gambar-gambar menarik yang menghiasi blog mereka.

Ragamnya tulisan teman-teman juga akhirnya memperkaya pengetahuan bunda. Istilah self talk, self love, self healing membuat mata jadi melek dan penasaran. Belum lagi dua blogger cowok di kelas kami, ternyata membawa warna sendiri. Tulisan mereka akhirnya jadi cara pandang lain saat bunda merenungi sesuatu.

My fave blog series


Nah mommies, sekarang saatnya bunda rekap ya, blog mana aja yang jadi favorit bunda. Pengennya sih ngasih penghargaan buat mereka. Insyaallah ahh.

1. www.maritaningtyas.com


Ini suhunya kelas blogspedia, coach keren yang pastinya semua peserta kelas selalu merujuk ke tulisan-tulisan beliau. Selain blog ini, beliau masih punya 4-5 blog lainnya yang disesuaikan dengan niche yang spesifik. Duh, gak kebayang gimana ngopeni semuanya. Bunda yang baru satu aja udah keteteran.

Mengenal ibu dua anak awalnya dari sebuah komunitas homeschooling di kota Semarang. Dari sana makin intens setelah kami ngaji bersama, ditambah anak-anak kami juga sekolah di sebuah taman kanak=kanak yang sama. Banyak ilmu yang bunda ambil dari beliau, meski lucunya, menyerap ilmu tentang blog justru setelah bunda pindah kembali ke kota hujan. Alamaaak

Gimana gak bunda taruh di nomor satu blog ini? Coba deh mommies main ke sini, waaah…sudah seperti perpustakaan berjalan. Mau cari info apa aja, banyak tersedia di sini. Terus, hebatnya lagi, tulisan artikelnya itu selalu dowoooo alias panjang.

Kelebihan Blog Marita:

a. Informatif

Cara tutur beliau di dalam blognya sangat mencerahkan. Dengan Bahasa yang ringan, setiap artikel seolah mengalir dan membuat nagih membacanya. Padahal seperti bunda bilang tadi, artikel-artikel dalam blognya selalu panjang, kebanyakan di atas 2000 kata.

Hebatnya, meski tulisan panjang, tapi bisa menjaga dinamika tulisan dengan baik. Dan tentunya dengan tulisan yang panjang, mampu memuat berbagai informasi secara maksimal.

b. Variatif


Marita Blog



Mengusung tema lifestyle di blognya yang satu ini, tagline zona bebas bercerita seolah mendukung pemiliknya untuk bebas menulis apapun di blognya. Tentunya bebas bertanggung jawab ya.

Nah, kalau kita lihat di sini, masyaallah…banyak banget ya label tulisannya. Ada 17 label yang diusung, bervariasi sekali khan? Apa yang kita butuhkan, dengan mudah kita cari di sini. Boleh dibilang one stop shopping ini mah.

c. Aplikatif

Satu lagi, meski belum sempat semuanya bunda baca, ya iyalah..karena banyaaaak, tapi beberapa yang bunda butuhkan sangat aplikatif. Serasa langsung diajarkan depan mata langkah demi langkahnya.

Cocok banget buat kita yang awam tentang sesuatu hal tapi butuh tahu. Kerennya lagi, blog ini gak pelit infografis. Insyaallah kita akan dimanjakan supaya gak capek baca artikel-artikel beliau yang panjang.

2. www.nmwardani.com


Blog Nia

Kalau blog mbak Marita sudah bunda kenal sebelum ikut kelas blogspedia, nah..blog yang satu ini membuat mata bunda terbelalak saat sudah masuk kelas blogspedia. Di kelas blogspedia kan di akhir setiap tugas diminta untuk memilih tiga teman yang tulisannya oke di blog mereka masing-masing, nah…blog mbak Nia ini beberapa kali kena sasaran tembak bunda. Kenapa?

Yang jelas karena berbahasa Inggris. Sebagai orang yang bukan native, tentu bukan perkara mudah menumpahkan opini dalam bahasa Inggris. Butuh usaha lebih ketimbang yang menuliskannya dalam bahasa sendiri. Lucunya, bunda kira mbak Nia hanya akan menulis satu atau dua artikel saja dalam bahasa Inggris, lha…gak tahunya semuanya. Ckckckck

Sebagai eks guru bahasa Inggris, sesungguhnya menantang sekali membaca blog mbak Nia ini. Mengasah kemampuan dan merangsang diri untuk mau mencoba. Oh ya, bukan sekedar dapat acungan jempol karena pemakaian bahasanya, tapi isinya pun variatif dan informatif sekali. Dengan tagline “a Logbook of Life Discoveries” kita benar-benar dihadapkan pada rangkaian pemikiran apik dari seorang bloger yang juga guru ini.

Oh ya, ada satu puisi yang bunda suka di tulisan mbak Nia. Bisa mommies lihat di artikel dengan judul “Celebrate Love without Terms and Condition”. Dengan judul “Clarify Love” kita dibuat tertampar berkali-kali tentang rasa yang selama ini kita miliki. Cuss deh mommies baca.

3. www.yonalregen.com


Blog Yonal


Bapak tiga ini menjadi salah satu dari dua lelaki yang ada di kelas blogspedia batch 1. Kenapa bunda pilih ini bukan yang satunya, lebih karena yang satunya adalah asisten coach alias suami coach. Heheheh

Nama blognya keren ya, mengingatkan kita pada Presiden AS tahun 80an yang ngetop itu. Eit…tapi ini beneran memang nama beliau lho. Mungkin karena orang tuanya ngefans sama sang Presiden dan berharap anaknya akan sukses dan menjadi orang hebat. Ammiin…

Blog ini jadi salah satu favorit bunda dan sering jadi pilihan juga saat akhir tugas di kelas blogspedia. Kenapa? Karena di saat peserta yang lain masih cupu, blog pak guru ini dah ketjeh badai tampilannya. Lay out bawaan blognya terlihat rapi dengan warna yang adem. Ini bukan bunda aja yang komen, tapi temen-temen lain juga.

Selain itu isinya juga variatif karena menganut niche lifestyle. Ada 14 label yang beliau tampilkan di blognya. Isinya pun sangat informatif dan yang jelas, di tengah kepadatan kegiatannya, salut dengan bapak empat anak ini yang termasuk produktif menulis.

Nah mommies, gimana nih? Kayaknya harus main-main deh ke tiga blog yang jadi favorit bunda untuk memastikan kebenaran tulisan ini. Tulisan ini pasti subyektif, karena setiap blog selalu punya kelebihan yang membuat kita tercengang dengan tulisan dan tampilan blog mereka. So, these are my fave blogs, what’s your?

Related Posts

10 komentar

  1. Setuju sama BunLil, 3 blog diatas memang keren banget.

    BalasHapus
  2. Yeess, untuk 3 pilihan di atas, emang manis- manis blog nya. Apalagi punya mbak Marita itu, padat tapi tetep enak dibaca.

    BalasHapus
  3. Hwah terima kasih bunda, syukron jazakillah sudah menjadikan blog saya salah satu blog favoritnya. Malu sebenernya, karena masih belajar. Tapi insyaAllah dijadikan motivasi untuk terus semangat belajar ngeblognya

    BalasHapus
  4. Setuju, 3 blog yang disebut bunda emang informatif banget. Eeh, itu apa kabarnya rayap bisa serbu lemari bunda? Ya Alloh, saya udah nangis bombai dah, buku² kesayangan tetiba raib, sama rayap pula.

    BalasHapus
  5. Waah rumaysho tuh sering aku jadi referensi buat cek hadist gitu bu :D

    3 blog diatas keren si emang, apalagi mba nia. Salut aku bisa sanggup bikin artikel selalu dalam bahasa inggris :)

    BalasHapus
  6. Setujuuuu.
    Apalagi kalau mau belajar dan melatih diri buat bahasa inggris, tinggal cap cuss ke blognya mba Nia dehh hehehhe

    BalasHapus
  7. i like english ... mantabzlah syujaaa

    BalasHapus
  8. Setuju bun. Tiga-tiganya emang keren dan bikin takjub. Aku juga sering pilih blognya untuk nominasi blog terbaik selama kelas blogspedia

    BalasHapus
  9. Duh, aku tersipu-sipu dijadiin blog favorit sama Ustazah favoritku. Ada beberapa tulisan yang terinspirasi dari kajian bareng bu Lillah juga lo. Huhu, jadi kangeeen.

    BalasHapus

Posting Komentar