HeaderBundaLillah

Sarapan, Perkuat Kecerdasan Otak Anak

12 komentar

Sarapan, Perkuat Kecerdasan Otak Anak




Setiap orang tua pasti pernah mengalami kesulitan dalam membiasakan sarapan kepada anak-anaknya. Kondisi pencernaan yang belum nyaman ditambah rasa pahit di mulut saat pagi hari, membuat anak-anak enggan untuk sarapan. Padahal dalam banyak penelitian, ternyata sarapan memiliki dampak yang sangat baik dalam membantu anak belajar. Asupan gizi di pagi hari memberi energi maksimal dalam menopang kecerdasan otak.


Sebagian orang tua pun kadang salah memahami prinsip ini dan membiarkan anak mereka berangkat sekolah tanpa sarapan. Cukup memberi bekal uang pada anak telah meyakinkan orang tua bahwa sang anak akan baik-baik saja. Padahal ragam sarapan yang kemudian dipilih anak, belum tentu memenuhi kebutuhan gizi mereka. Atau bisa jadi mereka baru akan membeli sarapan di jam istirahat yang sudah jauh melebihi waktu sarapan seharusnya.

Pentingnya Sarapan bagi Anak


Yang harus dipahami orang tua, sarapan adalah sumber energi bagi anak di pagi hari. Meniadakan sarapan berarti membiarkan anak melalui aktifitas paginya tanpa energi. Padahal energi inilah yang akan mengaktifkan otak.

Dalam sebuah penelitian di Gianyar, Bali, yang melibatkan 178 siswa sebuah sekolah dasar, dengan judul "Kebiasaan Sarapan Pagi dan Performa Akademis pada Anak" dipaparkan, "Efek positif dari sarapan bernutrisi pada anak berperan dalam kemampuan kognitif, tingkah laku, dan prestasi di sekolah. Kinerja kognitif ini terutama dalam hal daya ingat dan kemampuan memperhatikan pelajaran di kelas."

Berbicara soal sarapan, jangankan pada anak, buat orang dewasa sekali pun, akan sangat tidak mudah melalui aktifitas pagi tanpa sarapan. Yang paling mudah dirasakan adalah tubuh yang lemas sehingga sulit untuk fokus.

Faktor Penyebab Anak Malas Sarapan

Sebagai ibu, orang yang paling dekat dengan anak, tentunya kita yang paling tahu apa yang membuat anak kita malas atau enggan sarapan. Bisa jadi anak bosan dengan menu sarapan yang disajikan, atau capai karena tidur yang terlalu larut. Buat yang lebih besar, kadang menjadi alasan untuk meminta uang lebih karena tidak sarapan di rumah. Bahkan ada yang meyakini bahwa sarapan akan membuat mengantuk di sekolah.

Faktor lain yang membuat anak malas sarapan juga mungkin muncul dari kebiasaan orang tua. Beberapa rumah tangga, ada yang memang tidak menjadikan sarapan sebagai sesuatu yang penting. Apalagi jika jarak kerja atau sekolah anak-anak yang cukup jauh dari rumah.

Dampak Jangka Panjang

Anak- anak di berbagai negara, lebih dari 25% yang tidak menjadikan sarapan sebagai kebiasaan paginya. Berbagai faktor sudah kita bahas di atas. Maka sebagai orang tua, penting buat kita memahami dampak apa yang akan terjadi jika ini dibiarkan terus menerus.

1. Kemampuan kognitif menurun

Banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa anak-anak yang tidak terbiasa sarapan, akan mengalami penurunan dalam kemampuan kognitif mereka. Sebaliknya anak-anak yang memang terbiasa sarapan, memiliki prestasi lebih baik karena daya konsentrasi mereka yang penuh.

2. Kurang fokus

Meninggalkan sarapan membuat perut anak kosong, padahal saat tidur malam sama sekali tidak ada asupan makanan atau minuman yang masuk. Kondisi ini membuat kadar gula dalam darah menurun. Jika anak tidak sarapan maka bisa terjadi kekurangan gula darah yang membuat anak lemas tak bergairah. Kondisi ini sangat berpengaruh pada kemampuan konsentrasi anak saat belajar.

3. Jadi moody

Efek langsung dari melewatkan sarapan yang sudah disebutkan tadi yakni gula darah menurun, juga berakibat pada hati dan pikiran anak yang kemudian menjadi tidak stabil. Alih-alih fokus pada pelajaran, pikiran dan hati mereka justru melemahkan konsentrasi.

4. Gangguan obesitas

Kekosongan perut dalam jangka waktu yang lama membuat anak akan kalap saat tiba jam makan siang. Mereka punya alasan untuk makan apapun dalam jumlah yang banyak. Ketidakmampuan mengontrol ini yang membuat anak cenderung mudah mengalami kenaikan berat badan.

5. Gangguan tumbuh kembang

Asupan nutrisi di pagi hari menjadi bahan bakar untuk tumbuh kembang anak.

6. Risiko penyakit

Berbagai penyakit seperti diabetes dan gangguan jantung dilaporkan dalam berbagai penelitian, semakin meningkat akibat meninggalkan sarapan. Hal ini terjadi akibat kelaparan dalam jangka panjang membuat cenderung mengonsumsi banyak karbohidrat agar mengenyangkan.


Sarapan sehat untuk anak


Yang Harus Diketahui tentang Sarapan


a. Waktu ideal untuk sarapan adalah pukul tujuh pagi dan jangan lewat dari pukul sembilan pagi.

b. 30 menit sesudah bangun tidur, perut sudah bisa diisi makanan.

c. Menu ringan saja.

d. Pilih yang mudah dan cepat dalam menyiapkannya.

e. Perbanyak serat


Nah, agar anak tertarik dengan sarapan, beberapa menu berikut dapat dengan mudah kita sajikan:

1. Roti; kebanyakan anak menyukai roti karena teksturnya yang lembut sehingga mudah dicerna. Selain itu roti bisa disajikan dengan berbagai pilihan menu, baik manis maupun gurih.

2. Telur; ini adalah menu andalan kebanyakan rumah tangga karena bisa diolah menjadi berbagai menu yang enak dan mengenyangkan.

3. Sereal; menu praktis yang bisa ditambahkan berbagai topping seperti buah-buahan.

4. Bubur; aneka olahan bubur bisa menjadi menu yang menyenangkan bagi anak-anak. Pada bubur yang gurih, bahkan kita bisa menambahkan aneka sayuran.

5. Pancake; cara pembuatannya yang mudah membuat menu ini menjadi kesukaan para ibu. Selain itu karena penyajiannya yang bisa dikulik dengan banyak topping, jadi keasyikan sendiri buat anak-anak.

6. Buah; selain bisa disajikan sebagai topping aneka sajian makanan, buah pun bisa dikonsumsi langsung atau dibuat minuman seperti jus dan smoothie.

Tips Agar Anak Mau Sarapan


Mari makan



a. Biasakan anak untuk bangun pagi. Bangun lebih pagi akan memberi kesempatan pada metabolisme tubuh untuk mengeluarkan sinyal lapar.

b. Minta anak untuk minum segelas air putih di pagi hari yang akan merangsang air liur untuk bekerja.

c. Siapkan menu sarapan yang bervariasi agar anak tidak merasa bosan. Jika perlu tawarkan pada anak sebelum ia tidur malam.

d. Ciptakan suasana sarapan yang menyenangkan.

Bagaimana mommies? Mudah-mudahan jadi pertimbangan kita yah saat si kecil enggan sarapan. Tidak perlu banyak, yang penting cukup jadi asupan bahan bakarnya di pagi hari. Selamat mencoba ya...


*Ditulis dalam rangka ulang tahun Salimah ke 21






Referensi:
https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3901033/pengaruh-sarapan-terhadap-kecerdasan-anak-menurut-para-ahli

Related Posts

12 komentar

  1. Wah dampak jangka panjangnya luar biasa ya. Aku pernah mengabaikan moment sarapan nih, tapi sekarang sudah enggak lagi. Lets eating ..

    BalasHapus
  2. Penting banget ya bun sarapan itu. Alhamdulillah anak-anak saya sudah terbiasa sarapan hingga tidak kesulitan dalam mengajaknya, tapi karena orang Indonesia, sarapannya nasi lagi.. nasi lagi.. :). Harus di combine ya bun dengan yang lebih ringan

    BalasHapus
  3. Relate sih anak2 emg benci sama yg namanya sarapan kyak aku dulu wk, soalnya ngabisin waktu dan jadi telat ke sekolah hehe, taunya aku bangun kesiangan wk.
    Sampe skrg pun, ibuku masih ngontrol terus perihal minum segelas air putih pagi2

    BalasHapus
  4. Aku selalu dimarahin kalau nggak sarapan waktu sekolah bun. Dan waktu kerja, temen kantor pada heran kenapa aku udah makan pagi-pagi

    BalasHapus
  5. Aku kalau nggak sarapan pagi jadi lapar, jadi makanan ku tetap kayak porsi biasa, wkwkwk

    BalasHapus
  6. Kalau buat orang dewasa gimana bu? Aku termasuk yang jarang sarapan, suka rapel sekalian makan siang. Bahkan kadang triple sekalian makan malam, duh duh...

    Sebuah kebiasaan yang tak boleh diterus-teruskan. Sudah tahu dampaknya tapi kok nekat terus huhuhu.

    BalasHapus
  7. Baru tahu dampak jangka panjang anak nggak sarapan. Serem juga. Jadi ibu memang wajib pintar memikirkan cara agak anak disiplin sarapan. Padahal aku termasuk ke dalam golongan jarang sarapan. Eh, tapi aku bukan anak².

    BalasHapus
  8. alhamdulillah karena anakku masih balita yang makannya disuapin, jadi selalu sarapan tiap hari. semoga udah bisa makan sendiripun nanti tetep mau sarapan :D

    BalasHapus
  9. Aku nih yang akhirnya kena dampak gara2 jarang sarapan. Ya Allah sehat itu nikmat yang tak terhingga.

    BalasHapus
  10. Aku nih sering males buat sarapan, jadinya dirapel hahaha kerjaannya buatin sarapan untuk orang rumah tpi sendirinya males makan

    BalasHapus
  11. Betul juga, saya juga moody banget kalau pas lapar. 🤭

    BalasHapus
  12. Sarapan favorit nih, roti... Cuma kalau di rumah pasti dibikinin nasi goreng, huhu

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email