HeaderBundaLillah

Bajrangi Bhaijaan, Serpihan Cinta Lewati Batas Agama dan Negara

19 komentar

 

Film Bajrangi Bhaijaan




Satu lagi film Bollywood bagus yang patut masuk playlist, mommies. Yup, judulnya Bajrangi Bhaijaan. Film keren yang masuk box office, besutan sutradara Kabir Khan yang juga memenangkan penghargaan sebagai sutradara terbaik. Sangat layak jika melihat scene demi scene yang ditampilkan dari film ini.

Yang mengikuti blog Bunda, pasti dah tahu ya kenapa Bunda suka banget film Bollywood. Ada sejarahnya hingga akhirnya kepincut menonton film-film dari tanah Hindustan ini. Apalagi sekarang semakin banyak tema-tema menarik yang mereka tawarkan, tidak melulu berisi romansa atau tembak-tembakan mafia. Tema parenting, pasutri, persahabatan dan lainnya yang banyak menampilkan sisi humanis, dijamin kita diajak tertawa dan menangis bersama.

Film yang dirilis pada pertengahan tahun 2015 ini menarik perhatian banyak orang. Dalam 12 hari saja, telah meraup pendapatan di atas 500 Milyar. Jumlah yang sukses memecah rekor box office Bollywood. Dibintangi superstar seperti Salman Khan dan Kareena Kapoor, juga Harshaali Malhotra dan Nawazuddin Siddiqui, wajar jika film ini bertabur penghargaan.

Bajrangi Bhaijaan, Among the Tears You’ll Find the Cheers


Seting bermula dari sebuah pegunungan indah bernama Sultanpur di tanah Pakistan, tempat gadis kecil bernama Syahida (Harshaali Malhotra) tinggal bersama orang tua dan domba-domba mereka. Gadis cantik yang Allah takdirkan sulit berbicara ini mengundang iba seluruh warga. Kemudian mereka mengusulkan agar Syahida dibawa ke Hazrat di India, di mana ada satu tempat berdoa yang biasa didatangi jika mereka memiliki hajat yang besar.

Disepakati bahwa Syahida akan berangkat bersama sang ibu menggunakan kereta. Perjalanan berjalan lancar hingga tiba waktu kembali ke Pakistan. Di tengah perjalanan, tiba-tiba kereta mengalami kerusakan dan berhenti. Ibunya yang sedang tidur tidak menyadari jika Syahida turun dari kereta karena akan menyelamatkan seekor domba yang terjebak. Naas saat Syahida keluar, kereta tiba-tiba berjalan kembali dan mereka pun berpisah.

Nasib baik berpihak pada Syahida karena dipertemukan dengan Pawan Kumar, seorang pemuja Hanoman yang jujur. Namun kesulitan Syahida untuk berbicara menimbulkan banyak kesalahpahaman di antara mereka, meski di sinilah letak kelucuan yang kemudian banyak terjadi. Syahida pun dibawa oleh Pawan ke rumah Rasika (Kareena Kapoor) calon istrinya, karena pihak kepolisian menolak dititipi Syahida. Orang tua Rasika menerimanya karena dikira Syahida adalah seorang Brahmana India, dilihat dari bersih kulitnya.

Pawan berusaha mencari petunjuk dari mana Syahida berasal. Seluruh nama daerah di India sudah disebutnya, namun Syahida selalu menggeleng. Sampai suatu hari Syahida menghilang dan ditemukan di rumah tetangga muslim dan sedang memakan ayam. Dalam keyakinan Hindu, seorang kasta Brahmana adalah vegetarian. Petunjuk kedua muncul ketika Pawan membawa Syahida ke Kuil dekat pasar untuk berdoa, alih-alih duduk manis, Syahida lagi-lagi menghilang dan ditemukan di sebuah musala sedang salat. Dan petunjuk ketiga adalah saat mereka sekeluarga sedang menonton pertandingan kriket India melawan Pakistan, tetiba Syahida menciumi bendera Pakistan yang ada di televisi. Gegerlah keluarga Rasika dan mengultimatum untuk segera memulangkan Syahida ke Pakistan.

Perjuangan Bajrangi
-Segala hal dilakukan untuk mengembalikan Syahida, hingga menyamar menjadi muslimah



Perjalanan membawa pulang Syahida dengan cara ilegal melewati perbatasan kemudian menjadi tontonan yang sangat menarik. Penonton mulai ditarik ulur emosinya karena Pawan dan Syahida mengalami banyak kesulitan. Di sini mulai hadir reporter Chand Nawab (Nawazuddin Siddiqui) yang sangat banyak membantu dalam proses pencarian tempat tinggal Syahida. Kekuatan media sosial yang ia gunakan kemudian mampu mengubah kebijakan dua negara.

Selalu ada kebahagiaan setelah tangisan dalam film-film Bollywood, tapi bukan film Bollywood yang membiarkan penonton tidak menangis di akhir cerita. Dalam berbagai komen di laman YouTube, bahkan para penonton lelaki pun harus menangis terisak setelah melihat film ini. Hayuk lah mommies, jangan lupa siapkan tissue kalau mau menonton Bajrangi Bhaijaan.

Penghargaan Film Bajrangi Bhaijaan


"Penonton adalah penghargaan sebenarnya"

Wah…sederet penghargaan merajai di film ini. Meskipun menurut Salman Khan, sang aktor sekaligus produser, penonton adalah penghargaan utama baginya.

1. Penghargaan Zee Cine: artis pendatang baru terbaik (Harshaali Malhotra), film terbaik, sutradara terbaik, aktor terbaik, aktor pendukung terbaik.

2. Screen Award: best background music, best story, best director, artis cilik terbaik, film terbaik, best supporting actor,

3. Stardust Award: best film, best director,

4. Star Guild Award: best child artist, film terbaik, cerita terbaik, aktor pendukung terbaik, skenario terbaik,

5. Big Star: most entertaining director, most entertaining actor in media social,

6. International Indian Film Academy Award: best film

7. Filmfare: cerita terbaik.

Selain seluruh penghargaan itu, maka pendapatan 2 trilyun di seluruh dunia, sudah menunjukkan kualitas film yang sebenarnya.

Nilai Moral


“Kebencian mudah dijual, tapi cinta…”

Film yang ditayangkan dalam pekan liburan Iedul Fitri tahun 2015 di India, memiliki durasi 163 menit, menunjukkan pada kita banyak nilai-nilai positif yang bisa diambil, di antaranya:

a. Cinta tak mengenal batas agama dan negara


Adalah cinta yang membuat Pawan mau merelakan dirinya mengantarkan Syahida kembali ke Pakistan, meski ia tahu beratnya perjalanan yang akan ia lalui. Konflik di antara India dan Pakistan yang selalu naik turun, membuat ia dan Syahida tak bisa mengurus visa resmi untuk mengunjungi Pakistan.

Bentrokan yang terjadi di kantor kedutaan Pakistan di India, membuat mereka menutup pelayanan visa selama sebulan ke depan. Karena alasan ini, membuat Pawan terpaksa memilih jalur tak resmi untuk memasuki Pakistan.

Cinta pula yang membuat ia rela masuk penjara, diikat, digantung hingga dipukuli agar Syahida yang ia titipkan pada Chand Nawab bisa bertemu orang tuanya.


b. Kekuatan doa


Beberapa scene di film ini menunjukkan karakter orang India dan Pakistan yang teguh memegang agama. Mereka mau menempuh perjalanan yang jauh untuk sekedar melantunkan doa bersama-sama dengan yang lainnya.

Syahida in Bajrangi Bhaijaan
Momen mengharu biru



c. Prinsip kejujuran


Pawan, seorang brahmana penyembah Hanoman adalah orang yang jujur. Kejujurannya kadang menyebalkan buat yang lainnya, tapi ia sangat meyakini bahwa orang jujur pasti akan beroleh kemenangan.

Di saat para pelintas batas negara tergesa-gesa menghindar dari kejaran penjaga, Pawan justru mendekati para penjaga dan memohon izin agar dapat melewati perbatasan dengan alasan mengantar Syahida. Dua hari ia terus mencoba hingga akhirnya diizinkan.

d. Buzzer kebaikan


Film ini juga memperlihatan kekuatan media sosial. Chand Nawab yang berulang kali menghubungi media televisi, tidak juga direspon karena dianggap bukan berita yang eksotis. Bagi dunia media, berita kebencian sangat komersil, sementara berita tentang kebaikan cinta tak layak jual.

Maka bermodal kamera seadanya, ia memfilmkan perjalanan mereka memulangkan Syahida untuk kemudian membagikannya di YouTube. Bahkan Pawan bisa lepas dari penjara atas desakan para netizen dari dua negara.

e. Hasil tak akan mengkhianati ikhtiar


Perjuangan Pawan mengembalikan Syahida, membuatnya harus merelakan tabungannya untuk membeli rumah sebagai syarat menikahi Rasika. Bahkan Rasika tahu, bahwa keberangkatan tunangannya ke Pakistan, bisa saja tak akan membuatnya kembali. Tuduhan sebagai mata-mata sebuah negara, ancamannya adalah penjara seumur hidup.

Pernah satu kali, saat Syahida ditemukan salat di musala, Pawan ingin meninggalkannya. Toh Syahida sudah berada bersama kaumnya. Tapi Rasika justru keberatan karena mereka telah berjanji pada Syahida akan mempertemukannya dengan keluarganya.

Perjuangan mereka berhasil, bahkan Ayah Rasika ada di antara ribuan penjemput saat Pawan dikembalikan ke tanah India di perbatasan.


Nah mommies, gimana petualangan kita bersama film Bollywood kali ini? Penasaran endingnya kayak apa? Pssst, ada kejutan di sana yang bikin bunda gak berhenti mewek bahagia. Salman Khan emang keren banget dengan Bajrangi Bhaijaannya, selamat menonton.


Related Posts

19 komentar

  1. Seru ceritanya. Udah lama nggak nonton film Bollywood. Suka nggak tahan sama durasinya yang lama. Tapi mau masuk list nonton ah, film yang ini. Anak kecilnya cantik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cantik dan menggemaskan. Apalagi karena berperan tak bisa bicara, ekspresinya makin menarik.
      Pinter banget aktingnya

      Hapus
  2. Aku nangis sih banget nonton film ini :(
    Interaksi antara si Pawan sama Syahidanya bikin terharuu. Jadi salah satu film favorit aku kesekian nihh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget yah...
      Masih belum bisa move on dari scene terakhir

      Hapus
  3. Suka dengan film Bajrangi Bhaijaan ini, jadi flash back nih, dan tak terasa, pemeran syahida-nya sekarag sudah beranjak dewasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, di Youtube malah pada penasaran udah sebesar apa si Harshaali ini. Sampe pada ngepoin IG nya

      Hapus
  4. Belum pernah nonton bu tapi kok aku tertarik ya :D
    Padahal aku gak begitu suka film india
    Filmnya ada di youtube ya bu? Atau bisa nonton dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di youtube mbak.
      Saya juga kalau yang lagu, kadang suka diskip :)

      Hapus
  5. kayaknya seru, sudah lama nggak nonton film India

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo pak...
      Tapi coach dipegangin ya, ngeri goyang sendiri :)

      Hapus
  6. aku dah pernah nonton film ini.
    seru, deg-degan dan bikin mata berkaca-kaca.
    apalagi kegigihan pawan dengan kejujurannya meski harus dihadapkan berbagai tetap berjuang.
    terus aku suka anak kecilnya imut banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Pawan terlalu jujur kadang-kadang. Tapi kejujuran memang selalu berpihak kepada pemenang

      Hapus
  7. Menarik sepertinya. Sudah lama beud nggak nonton film India. Kalah sama list drakor hihi. Salman Khan termasuk bintang India yang karya-karyanya selalu melegenda ya Bun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Triple Khan emang keren semua. Selalu suka kalau dah mereka jadi pemerannya

      Hapus
  8. Belum pernah nonton nih, kayaknya menarik ya buk. Soon lah diagendakan

    BalasHapus
  9. Belum pernah nonton filmnya.. baca tulisan bund lillah jadi penasaran.. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak hal yang memang nggak bisa saya rekam dalam kata, lebih menyenang kan lihat visualisasinya

      Hapus
  10. Belum nonton filmnya. Tapi baca ulasan binda aku sampai terharu lo. Film-film bollywood pasti selalu menguras air mata. Kayaknya beaok aku mau nonton ini aja deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali bollywood yang mbak liburannya :)

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email