HeaderBundaLillah

Tantangan Ubah Template Blog

9 komentar
Ubah Template Blog



Setiap orang butuh tantangan untuk berkembang. Kelas blogspedia pekan ini menantang cupuers agar ubah template blog. Wow..langsung jidat berlipat, hidung kembang kepis dan mata melotot melihat permainan kode-kode akan dimulai. 

Pertengahan bulan lalu, kami ditantang menaikkan domain blog menjadi 'top level domain'. Pekan-pekan berikutnya pembiasaan dahulu, menulis aneka konten berbasis SEO friendly. Blog, utamanya adalah kanal menulis. Maka para blogger yang mau artikelnya bermanfaat untuk banyak orang karena mudah dicari di search engine, harus mau mengoptimalkan tulisannya dengan pakem-pakem tertentu agar bisa muncul di halaman pertama mesin pencari. 

Tidak hanya itu, para cupuers di kelas kami pun makin meningkatkan kualitas penulisan sesuai dengan PUEBI dan KBBI. Memenuhi dua kaidah tersebut akan membuat tulisan semakin nyaman dilihat dan dibaca. Sekaligus juga mudah dimengerti. 

Ubah Template Blog 


Sebenarnya, template bawaan dari blogspot sendiri sudah keren-keren dan banyak pilihan yang menyenangkan mata. Tetapi rupanya kebanyakan template bawaan kurang ramah SEO alias kurang terdeteksi mesin pencari. Penyebab lainnya juga kurang responsif jika dibuka melalui handphone, walaupun sudah dipasang pengaturan secara mobile

Nah, ternyata ada beberapa pengembang web yang sudah membuat template sesuai yang kita butuhkan. Bahkan ada yang gratis lho…asyik banget kan. Kendalanya, ya harus mau repot untuk mengulik perpindahan template tersebut. 

Memilih Template Gratis 


Sebuah blog tidak akan memiliki identitas tanpa adanya template. Ibarat rumah, template adalah desain eksterior yang pertama kali akan dilihat orang. Maka sesuaikan template dengan niche blog kita. Sebagai contoh, blog yang berbicara tentang dunia anak, akan terasa aneh jika didominasi warna gelap 

Komposisi template yang baik akan meningkatkan traffic blog karena mudah didekteksi mesin pencari. Meskipun ada juga faktor lain yang mendukung, seperti misalnya konten. Maka jelas, template yang baik merupakan hal vital dalam blog. 

Dalam memilih template, jangan cuma cari tampilan menarik dan cantik, tapi pertimbangkan baik-baik apakah SEO friendly dan apakah load speed cukup baik. Ada beberapa pengembang web yang menyediakan template gratis, di antaranya: 

1. https://www.blantertheme.com – pilih blanter wisdom 

2. https://www.igniel.com – pilih fiksioner 


Oh ya, satu hal lain yang juga perlu dipertimbangkan adalah pilih template yang memiliki dokumen lengkap agar mudah dalam proses instalasi. Nah, atas pertimbangan ini dan arahan dari coach, bunda memilih fiksioner. 

Instalasi Fiksioner 


Di awal, coach menyampaikan ada cara mudah mengetahui apakah sebuah template masuk kategori load speed dan SEO friendly. Jadi sebelum melakukan instalasi, cek dahulu agar kita lebih yakin melakukan ubah template blog. Meskipun gratis, tapi tetap saja menyita waktu dan bunda pribadi merasa kerepotan dengan segala pernak pernik kode html. Berikut langkah-langkahnya: 

1. Masuk ke website template yang akan kita unduh, kemudian pilih 'live preview'. Karena bunda memilih fiksioner, maka di homepage fiksioner kita copy linknya. 

2. Cek SEO Friendly 

Masuk situs seoptimizer.com dan paste link fiksioner di kotak tersedia, lalu klik audit. Maka akan muncul hasil seperti ini: 

SEO Optimizer



3. Cek Load Speed 

Masuk situs https://developers.google.com dan kembali paste link fiksioner di kotak atas lalu klik analisis. 

Load Speed



Dari hasil audit dan analisa tersebut, kita mengetahui bahwa template fiksioner, meskipun gratis, tetap memiliki nilai yang sangat baik untuk kita gunakan. Yuk, sekarang kita mulai proses instalasi fiksioner. 

1. Masuk ke link fiksioner dan download theme. Hasil download akan berbentuk zip yang bisa kita ekstrak ke dalam folder. Pelajari semua file yang ada dalam folder tersebut dengan baik. 

Homepage Fiksioner


Download Theme Fiksioner



2. Backup terlebih dahulu template yang ada sekarang melalui dashboard blogger --> theme --> klik segitiga di samping customize --> pilih backup --> download, kemudian simpan dengan nama yang mudah diingat. Bisa jadi kita perlukan untuk restore

3. Buka file xml fiksioner di notepad, lalu copy. 

4. Klik kembali segitiga di samping customize --> pilih ‘edit HTML’. Hapus semua kode yang ada dan ganti dengan file xml. 

5. Jangan lupa disimpan dan cek tampilan blog kamu sekarang. Taraaaa… 

Tapi sampai tahap ini, ibarat membangun rumah, kita baru punya bangunan saja. Butuh proses selanjutnya, yakni finishing

Jujur, keseruan utak atik blog baru dimulai dari sekarang! Tang ting tung suara pesan masuk di grup blogspedia membuat jantung berdegup kencang. Setiap cupuers datang dengan masalah yang berbeda-beda. Ada yang ‘head title’nya hilang, headernya mengecil, bingung cara pasang link medsos, bahkan foto-foto artikel pun ikut menghilang. 

Hebatnya, buat coach Marita, semua itu justru jadi tantangan yang menyenangkan ketika bisa membantu cupuers. Sepekan ini grup dipenuhi kode dan kepanikan di sana-sini, tapi dengan kesabaran tinggi, coach menjawab satu persatu. Paling kalau dah capek, coach cuma bilang,”Ayo, dicek lagi kodenya. Dihapusnya di mana?” 

Sampai sini, mau gak mau, ribuan baris kode dipelototin lagi satu persatu. Karena salah hapus atau salah ketik satu karakter saja pasti ngaruh. Jadi langsung kebayang para programmer, itu keren banget sih. 

Perbedaan Template Lama dan Sekarang 

Homepage Bunda Lillah
Tampilan www.bundalillah.com di web


Homepage Mobile
Tampilan www.bundalillah.com versi mobile



Masyaallah, amaze….itu yang bunda rasakan dan lihat setelah berhasil memasang template baru. Pernak-pernik cantik yang tidak bunda temukan di template lama, yang selalu bunda tanyakan setiap kali melihat blog orang yang bagus-bagus, kini sudah berada di posisinya dengan aman. 

Cara untuk mengetahui apakah blog kita sudah oke dan sesuai dengan SEO, di laman artikel dari blog kita, bisa kita klik meta SEO yang ada di bagian atas sebelah kanan. Jika masih terlihat kata-kata berwarna merah, berarti masih ada yang perlu diperbaiki. 

Jadi moms, percaya deh, setiap tantangan ternyata membawa kebahagiaan. Bermodalkan ketelitian dan kesabaran, bunda dan teman-teman cupuers lainnya berhasil naik level. Hanya dengan ubah template blog, tampilan semakin menarik dan ciamik. Mudah-mudahan juga berbuah hal yang baik dalam traffic. Semangat!

 

 

 

 

 

 























Related Posts

9 komentar

  1. Alhamdulillah... Selesai juga utak-atiknya ya bu. Barakallah.. udah cantik templatenya, hasil ngulik sendiri pula. Semoga jadi semakin semangat ngeblognya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masyaallah....alhamdulillah
      Jazaakillaah khoiron katsiero

      Umar sampe naksir nih, pengen punya blog juga
      Cuma emang dasar anak mager, katanya mau cari admin buat ngerjain...hahahah

      Hapus
  2. Alhamdulillah akhirnya berhasil juga ya Bu ganti templatenya😊. Aku setuju buu, setiap tantangan kalau berhasil dipecahkan membawa kebahagian, rasanya lega yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik ya mbak Nur...
      Jadi ketagihan ngulik blog nih kita

      Hapus
  3. Perjuangan banget ya, Bun, ngulik template. Saya malah belum kelar huhu. Semangat! (buat saya maksudnya :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda juga belum semua rapi, nih...bikin infografis buat postingan lama.
      Yuk, sama2 semangat kita

      Hapus
  4. Saat kita belajar bareng anak muda, jadi ikutan semangat muda meski harus dibimbing satu-satu. Seru tapinya. Semangat ya Bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pssst....kita juga masih muda :)

      Jangan2, malah mereka yang tertular semangat kita para pinisepuh..heheheh

      Hapus
  5. Blognya sudah rapi jali... Mau rapi-rapi blog dulu aah. hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email