HeaderBundaLillah

Blog Plan, Kunci Sukses Blogger

3 komentar

 

Blog Plan Kunci Sukses



Tidak mudah konsisten menulis dan posting di blog. Salah satu kuncinya adalah memiliki blog plan. Blog plan adalah perencanaan yang kita buat untuk menjaga performa blog. Bukan hanya sekedar membuat jadwal menulis, tetapi juga menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, termasuk memutuskan capaian blog dari sisi traffic, DA/PA maupun DR. Sebagian blogger profesional bahkan menentukan berapa pendapatan yang ingin mereka raih.

Blog plan biasanya dibuat per tahun untuk kemudian di-breakdown menjadi rencana bulanan dan pekanan. Blogger yang konsisten tentu akan komit melakukan semua yang telah mereka rencanakan di awal. Motto bunda dalam hal ini adalah
“Plan what will you do and do all your plans”. 

Mengapa Blog Plan Penting 


Setiap blogger pasti punya harapan blognya banyak dikunjungi dan kontennya bermanfaat untuk banyak orang. Meskipun jika membaca sejarah, pada awalnya blog memang hanya untuk ajang curhat. Bahkan seorang Raditya Dika sempat tidak percaya kalau curhatannya di blog bisa diterbitkan jadi buku dan kemudian naik lagi jadi film. 

Blog yang baik akan terlihat, minimal dari konsistensi pemiliknya dalam menulis dan memposting tulisannya. Bunda sendiri memiliki blog sejak 2011, saat itu sebagai kepala sekolah, termotivasi untuk punya blog sebagai salah satu sarana branding sekolah juga menulis pengalaman-pengalaman dalam mengajar. But as you can see in my blog, di tahun itu hanya berhasil menerbitkan dua tulisan saja. 

Blog kemudian menjadi terbengkalai, malah sejak awal 2017 hingga akhir 2020, benar-benar kosong tanpa penghuni. Ditambah lagi tidak punya pengetahuan yang cukup tentang seperti apa blog yang benar. Benar-benar my dream comes true ketika mengikuti kelas blogspedia coaching. Perlahan tapi pasti blog bundalillah.com pun mulai terlihat bercahaya, aiiih. Oke, kita kulik ya kenapa blog plan itu penting. 

1. Membantu teratur dan konsisten posting 


Konsistensi dalam menulis menjadi PR bagi banyak penulis. Maka konsistensi kemudian banyak dibincangkan dalam berbagai pelatihan menulis. Memiliki blog plan membuat kita ‘terpaksa’ untuk terus menulis dengan teratur sesuai yang kita mau. 

2. Merencanakan konten yang seimbang 


Kebanyakan blogger pemula memulai blognya dengan niche lifestyle alias gado-gado. Membuat blog plan, memudahkan kita untuk menyeimbangkan tulisan antar label. Jangan mentang-mentang sedang liburan, konten kita berhari-hari tentang liburan saja. Ini tentu tidak mengasyikkan buat pembaca yang tahu bahwa blog kita memiliki niche lifestyle

3. Menyediakan konten yang ditunggu pembaca 


Memiliki blog plan, membuat kita bisa dengan mudah mengatur apa yang akan dibagi kepada pembaca. Apalagi jika kita tahu tema-tema apa yang membuat pembaca mampir di blog kita. Meski, sah-sah saja jika kita tiba-tiba menulis di luar blog plan karena ada berita panas yang sedang bergulir. 

4. Menandai hari-hari istimewa 


Tentu, blog plan akan sangat membantu kita dalam menandai hari-hari istimewa yang ada selama setahun. Tulisan tentang hari-hari tertentu ini termasuk yang banyak dicari pembaca. Buat para blogger Indonesia, jangan lupa ya menandai hari blogger nasional di tanggal 27 Oktober. 

5. Memilih ide terbaik 


Dalam perencanaan, setiap orang akan berupaya menargetkan hal-hal terbaik. Adanya blog plan memudahkan kita untuk menentukan ide-ide terbaik yang akan dituliskan terlebih dahulu. 

6. Mengurangi kebuntuan ide 


Salah satu kelemahan penulis adalah kebuntuan ide. Ide memang menjadi barang mahal yang tak bisa dibeli. Salah satu solusi, kita bisa melakukan blog walking ke blog-blog profesional untuk refresh ide. Ide-ide terbaik yang bermunculan, kemudian kita catat dalam blog plan, sehingga kita tidak akan pernah lagi kehabisan ide. 

7. Mencari postingan lebih cepat 


Buat para blogger profesional yang tulisannya sudah ratusan bahkan ribuan, tentu tidak mudah mencari artikel yang dibutuhkan di blog. Nah, adanya blog plan yang terekap baik di excel, misalnya, akan memudahkan mencarinya. 

8. Menghemat waktu 


Blog plan sangat membantu kita dalam efisiensi waktu. Kita tidak perlu berlama-lama merenung mencari ide tulisan karena yang memiliki blog plan pasti sudah eksekusi terlebih dahulu 

Annual Plan 


Annual Plan



Rencana tahunan masuk dalam kategori jangka panjang. Dalam perencanaan ini, para blogger biasanya melakukan evaluasi terlebih dahulu sebelum membuat target baru. Nah, blog bunda termasuk banyak yang perlu diperbaiki, baik dari sisi desain, konten maupun hal-hal teknis lainnya. 

Di rencana tahun 2021 ini bunda belum berani terlalu muluk, targetkan sedikit, tapi mudah-mudahan berdampak signifikan. Ada goals yang ingin dicapai sehingga perlu membuat daftar things to do, selain juga menambahkan kegiatan ekstra dengan mencari event-event terkait dunia blogger. 

Monthly Plan 


Rencana bulanan adalah hasil breakdown dari rencana tahunan yang dapat diisi dengan kegiatan yang lebih rinci. Karena setiap pekan bunda menargetkan blog walking ke 30 blog lain, maka dalam sebulan harus ada 120 kali. Kemudian bunda merencanakan setiap bulannya juga ada waktu untuk merapikan desain blog dan merapikan konten-konten lama yang syukurnya tidak banyak, Alhamdulillah. 

Perlu juga menandai, barangkali di bulan tersebut ada hari-hari spesial yang bisa kita isi dengan konten yang sesuai. Bukan bermaksud merayakan, tapi mengingatkan dan mencari kebaikan dari hari yang dianggap spesial tersebut. Oh ya, di sini kita juga bisa melakukan pencatatan capaian blog kita seperti traffic, DA/PA, alexa rank, DR dan pendapatan yang dihasilkan. 

Weekly plan 


Weekly Plan



Di rencana mingguan, tentu kegiatan yang kita lakukan akan lebih rinci seperti: 

- Menentukan jadwal posting tulisan 

- Memilah kategori dan membuat tema postingan 

- Mencatat hal-hal yang perlu dilakukan seperti survey bahan tulisan, wawancara narasumber dan menyiapkan infografis (yang terakhir nih bunda sukaaaa). 

Daily plan 


Dalam rencana harian, biasanya yang dilakukan adalah membuat outline tulisan yang akan dibuat. Di poin ini bunda agak teledor nih, makanya tulisan kadang jadi melebar ke mana-mana. 

Penutup 


Meski terkesan sedikit merepotkan karena semua harus on the track, tapi sebenarnya ini justru akan memudahkan. Ibaratnya, capek di awal tapi selanjutnya insyaallah akan berjalan lebih smooth. Especially buat bunda yang sudah banyak lupa, wah…blog plan ini bakal membantu sekali. 

Dalam Islam pun, Allah dengan sangat tegas menyebutkan masalah plan ini dalam surat al Hasyr ayat 18. 

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” 

Intinya, Tidak akan merugi orang yang hidupnya direncanakan dengan baik. 

“By failing to prepare, you are preparing to fail.” 

― Benjamin Franklin

 

 

 

 

 

Related Posts

3 komentar

  1. MasyaAllah Bu lil, mau nunggu postingan tgl 28 ah. Gegara lagi ramai cerita tentang toleransi akhir-akhir ini.

    BalasHapus
  2. Seru nih blog plannya, saya tunggu eksekusi artikelnya ya kak

    BalasHapus
  3. Seru-seru temanya setelah dibebasin kayak gini. Nggak sabar pengen BW pekan depan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email