HeaderBundaLillah

Tips Renang yang Aman di Masa Pandemi

37 komentar

 


baju renang premium




Siapa yang gak suka main air? Tapi di kondisi pandemi seperti ini, perlu kita ketahui tips renang yang aman. Apalagi bagi kita yang renangnya masih di kolam renang umum. Ahaha.. 

Pekan-pekan belakangan ini, rasanya kita semakin terbiasa dengan kehidupan new normal. Mal-mal sudah mulai dibuka, jalur transportasi umum, tempat wisata di sekitaran Jabodetabek pun sudah beroperasi normal. Yang berbeda hanya tetap berlaku protokol kesehatan. 

Teman-teman di berbagai daerah yang tidak masuk zona merah, bercerita jika sekolah-sekolah juga sudah mulai berjalan. Apalagi fasilitas umum seperti rumah ibadah, sudah lama dibuka kembali. 

Salah satu fasilitas umum yang diperbolehkan beroperasi kembali adalah kolam renang. Renang biasanya menjadi salah satu alternatif pilihan keluarga dalam mengisi hari libur. Maka tak heran, di penghujung pekan, tempat ini menjadi sangat ramai. 

Amankah Berenang Saat Ini? 


Para ahli mengatakan bahwa Covid-19 bukan merupakan waterborne disease sehingga tidak berpotensi menular di dalam air. Apalagi kita tahu bahwa kebanyakan kolam renang menggunakan klorin untuk menjaga kejernihan airnya. 

Klorin, selain menjaga kebersihan air, juga menghambat pertumbuhan serta membasmi bakteri dan berbagai jenis mikroba. Oleh sebab itu, di dalam kolam renang virus corona ini tidak akan berkembang. Sehingga untuk melakukan kegiatan renang, relatif aman. 

Namun, tetap saja harus menjaga jarak saat berenang, karena dikhawatirkan ada perpindahan droplet yang terjadi lewat batuk atau bersin. Maka penting bagi kita untuk melihat kapasitas kolam renang berbanding orang yang berenang. Jika melihat 50% kolam renang telah terisi, sebaiknya kita mencari kolam yang lain. 

Di kolam renang yang besar dan memiliki banyak wahana air, perlu juga berhati-hati. Bayangkan jika mau menaiki seluncur, harus antre di tengah orang banyak. Kita tidak bisa menjamin semua aman-aman saja. 

Aturan di Kolam Renang 


Di periode new normal ini, pengelola kolam renang wajib mematuhi aturan kesehatan yang diberlakukan dan harus diketahui dengan baik oleh pengunjung. 

  • Pemakaian disinfektan untuk air kolam dengan kadar klorin 1-10 ppm atau bromin setara 3-8 ppm di setiap harinya. Ini dilakukan sehingga pH air ada di angka 7,2-8. Harus disampaikan di papan informasi agar pengunjung turut mengetahui. 
  • Memastikan setiap harinya seluruh area permukaan di sekitar kolam renang dibersihkan dengan disinfektan. Hal ini meliputi tangga di kolam, tempat duduk, lantai, juga benda-benda lainnya yang sering dipegang oleh pengunjung. 
  • Perlu memberikan jarak aman bagi pengunjung di ruang ganti, jika perlu tempatkan penjaga di sana. 
  • Setiap pengunjung yang hadir harus diperiksa dengan seksama untuk memastikan kondisi kesehatannya. Jika perlu siapkan form sederhana untuk penilaian tersebut. Jika terindikasi berisiko maka tidak diizinkan untuk berenang. 
  • Adanya pembatasan jumlah pengunjung sehingga nyaman untuk melakukan physical distancing. 
  • Setiap pengunjung harus membawa sendiri semua peralatan pribadi termasuk perlengkapan untuk bilas dan mandi. Pengelola kolam pun tidak diperbolehkan menyediakan sarana sewa alat. 
  • Selama di area kolam renang, kecuali di saat berenang, pengunjung harus senantiasa menggunakan masker. 
  • Pengelola kolam renang menyediakan sarana untuk cuci tangan juga menyiapkan hand sanitizer di beberapa titik. 

Tips Renang yang Aman 


tips aman berenang



Di periode new normal ini, dengan kasus Covid-19 yang masih fluktuatif di berbagai daerah, utamanya Jabodetabek, maka perlu mengerem diri untuk tidak banyak berkegiatan di luar. 

Kalau pun harus keluar dan memilih untuk melakukan kegiatan renang, pilihlah kolam renang outdoor dengan area terbuka yang masih banyak. Kolam renang outdoor memiliki sirkulasi udara yang lebih baik ketimbang kolam renang indoor. 

Tidak cukup hanya itu, ada beberapa tips yang perlu diketahui nih supaya kegiatan kita di luar menyenangkan dan tetap menyokong kesehatan. 

Jangan Pernah Melepaskan Masker Kecuali Saat Berenang. 


Sudah kita bahas di atas bahwa virus Covid-19 tidak menular di air, namun banyak tempat dan kegiatan sebelum masuk ke kolam yang dikhawatirkan. Di kamar ganti, di bangku-bangku yang digunakan untuk menyimpan barang-barang, di wahana permainan dan lain sebagainya. 

Senantiasa Menjaga Jarak yang Aman Dengan Pengunjung yang Lain. 


Di kolam renang, biasanya kita dapati mereka yang berenang akan bertumpuk di satu sisi, biasanya di bagian kolam yang agak dangkal. Maka pastikan saja kita tidak berada di keramaian tersebut, karena bisa saja terjadi penyebaran droplet di sana. 

Jika perlu fokus pada kegiatan renang, tidak usah ngobrol dan beramah tamah seperti biasanya. 

Tidak Batuk dan Bersin Sembarangan 


Berusaha memperhatikan adab saat bersin dan batuk. Upayakan mulut ditutup dan hindari berdekatan dengan orang lain. 

Utamanya jika saat akan batuk atau bersin, posisi kita ada di sekitar tangga kolam, lantai di tepi kolam. 

Pilih Jam Sepi 


Buat kamu yang terbiasa berenang di sebuah kolam renang umum, pasti tahu dong jam-jam sepi pengunjung. Nah, usahakan berkegiatan renang di saat itu. Cukup ajak teman satu atau dua orang saja untuk menemani. 

Selain kita menjaga diri dari kemungkinan tertular, sekaligus juga membantu orang lain agar kolam renang tidak terlalu berdesakan. 

Pertimbangkan Lagi Sebelum Bawa Anak 


Para mahmud nih justru biasanya menjadikan kolam renang sebagai sarana refreshing bersama krucil. Tidak salah memang, jika para krucil bisa mentaati peraturan. Seringnya sih susah ya.. 

Meski banyak yang mengatakan bahwa anak-anak lebih kuat daya tahan tubuhnya, tapi jangan ambil risiko dengan membiarkan mereka terpapar virus di banyak tempat. Sebaiknya sediakan kolam balon di rumah jika anak merengek minta berenang. 

Gunakan Baju Renang yang Tertutup 


Pemilihan baju renang pun bisa membantu kita lebih nyaman dan aman, meski berenang di masa pandemi. Gunakan baju renang yang bisa menutup seluruh tubuh dengan sempurna. Selain menghalau teriknya matahari jika kita berenang di outdoor, baju renang tertutup pun bisa melindungi dari berbagai kuman dan bakteri yang mungkin ada di kolam renang. 

Untuk para muslimah, saat ini pun sudah tidak perlu lagi khawatir untuk melakukan kegiatan ini. Ada banyak produsen baju renang muslimah yang siap menawarkan produk-produknya. 

Aghnisan adalah brand ternama dan terlama yang memproduksi baju renang khusus muslimah. Mulai diproduksi sejak tahun 2010, kini sudah memiliki ratusan reseller yang siap memanjakan kamu. 

Jika awalnya baru memproduksi satu model saja untuk muslimah dewasa, maka kini sudah menyediakan 5 model mulai standar hingga premium. Semua model brand ini, memiliki panjang tunik minimal di bawah lutut, bahkan tersedia model panjangnya yang hampir setumit. Wajar jika ada yang mengatakan, ini pilihan baju renang yang benar-benar syar’i. 

Baju renang aghnisan dicirikan dengan motif manis bunga-bunga atau pola tertentu seperti polka dan memiliki ragam warna yang kaya. Di kelas premium mengedepankan permainan warna saja tanpa motif. 

Kain yang digunakan pun dipilih yang paling berkualitas di kelasnya. Pengalaman bunda sebagai pengguna merk ini, sekaligus resellernya ..ehem, bahan yang dipakai memang premium. Gak disangka, sampai punya 5 stel baju renang, dari yang pertama dibeli tahun 2010, masih awet dan warnanya gak bladus sama sekali. Kainnya yang halus namun cukup tebal, ringan banget dibawa berenang.

Tidak hanya itu, kini brand aghnisan menyediakan baju renang keluarga yang komplit plit. Baik untuk perempuan maupun laki-laki, sejak bayi hingga dewasa. Coba kurang apa lagi? J Boleh dibilang, one stop shopping lah kalau mau beli kebutuhan baju renang sekeluarga. Sampai kaos kaki anti slipnya juga ada lho. 

Soal harga? Aduh duh, brand ini dikenal paling terjangkau di kelasnya. Yakin deh kantong gak bakal bolong. Mau tahu lebih rinci? Pssst, sini bunda bisikin.

Jadi buat kamu yang dah ngebet berenang, sah-sah aja kok. Tapi jangan lupa tips renang yang aman di masa pandemi ya. Njebur yuk! 




quotes of aghnisan










Related Posts

37 komentar

  1. Aku dari taun kapan pengen baju renang tapi ga pernah jadi beli hahaha,banyak motifnya bun?bisikin harganya doong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah...langsung dapat pelanggan nih qiqiqiqi

      Alhamdulillah banyak motif, nanti saya japri ya :)

      Hapus
  2. Jadi pen beli baju renang bu, eh tapi nggak bisa berenang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya, kalau udah punya, jadi bisa... Ihiiirr
      Soalnya kan gumush pengen dipake

      Hapus
  3. Baju renang yang cantik,boleh bisikan harganya moms

    BalasHapus
  4. pengeeen, etapi mau berenang di mana ya Bu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di belakang alhe kan ada mbak Sep...
      Taman wisata pasir putih atau yang bagusan di taman putri duyung

      Hapus
  5. Jadi pengen berenang bu, tapi masih takut nanti ada virus hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...saya juga masih nahan diri nih
      Padahal biasanya seminggu sekali

      Hapus
  6. aku pengen punnya baju renang itu,,,
    tapi renangnya kalau benar-benar normal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ashiappp....
      Nanti saya colek ya kalau pandemi selesai :)

      Hapus
  7. aku pengen punya baju renang khusus muslimah gitu, tapi belum lancar berenangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah.... insyaallah bisa. Kalau deket mah saya ajarin deh

      Hapus
  8. sempet liat-liat kolam renang buat renang keluarga, tapi kayanya sepi banget, jadi ga jadi. ga enak juga kayanya renang di kolam renang umum yang luas tapi hanya kita doank :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih...serasa halu ya pak
      Mudah-mudahan pandemi cepet reda, biar bisa ajak krucils seneng2 ya pak

      Hapus
  9. Anakku uda ngajak nyebur juga nih buuunn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaaa...si bontot dah ngerengek juga.
      Mau ke kolam renang hotel, belum sempat juga ayahnya nganter :)

      Hapus
  10. Kmren anakku smepet pengeb renang banget, akhirnya staycation di villa deket rumah sini, sepii... Jadi berasa private pool. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaàh....pengen nih kayak gini. Cuma modalnya gede juga ya heheheh

      Hapus
  11. Semenjak pandemi ini udah gak pernah berenang lagi, enak kali ya berenang sambil pake baju renang untuk muslimah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup...betul banget. Nyaman krn tertutup sempurna.
      Mau nyoba? 🤭

      Hapus
  12. aku ngga bisa renang sih, tapi selalu pengen beli baju renang at least buat dipake pas nemenin anak berenang wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul
      Apalagi kadang ada kolam renang yang memang ketat harus pakai baju renang

      Hapus
  13. Ih solusi banget.
    Buat muslimah yg suka renang, aku suka bingung kalau mau renang di masalah baju.
    Ini mahal gak sih ka hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...gak mahal mbak
      Malah suka ada yg sangsi, kok murah sih Bun...kualitas oke kan?
      P
      Emang aneh2 customer 😊

      Hapus
  14. Malah enak kali renang sekarang'kayak kolam pribadi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi rumah Bu Rita, dekat dengan dua kolam renang. Senangnyaaaaa

      Hapus
  15. Mau nih berenang, sudah lama banget hampir setahun ga berenang karena pandemi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuuk...
      Olahraga favorit saya karena gak keringetan 😃

      Hapus
  16. Aku nggak bisa berenang, hehehe
    paling2 kl ke waterboom nya aku main air doang di pinggiran kolam :D
    Tp bisa nih dimasukin wishlist dulu ah baju renangnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi resolusi tahun 2021 dong ya
      Bisa berenang karena punya baju renang baru dari Aghnisan...yeaaay

      Hapus
  17. Terima kasih tips nya mbak. Saya selama pandemi sempat beberapa kali berenang, semoga saja masih aman bagi kesehatan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah...malah masih beraktivitas renang ya?
      Alhamdulillah masih aman ternyata

      Jadi kangen pengen berenang

      Hapus
  18. berarti aman buat berenang ya bun, anak-anak sudah pada pengen berenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aman pak, insyaallah.
      Asal pinter pilih-pilih tempat dan waktu, supaya gak terllau ramai.

      Hapus
  19. Belum berani renang di kolam umum. Kemarin2 sempat berenang tapi di hotel sih pas staycation jadi mayan lah ga begitu banyak orang. Btw, jadi ingat baju renang kakak udah kekecilan. Ntar kalau udah ga pandemi tumbas di Bu Lillah aaah.. :)

    BalasHapus

Posting Komentar