HeaderBundaLillah

Naikkan Level, Pasang TLD

23 komentar

Pengalaman Pertama Pasang TLD


Rupanya seru-seruan kelas Blogspedia Coaching masih berlanjut. Kali ini para cupuers diminta pasang TLD di blognya masing-masing. Kelas seketika berisik, berebut cari informasi. Kerennya coach Marita, jadwal belajarnya ya bisa ngepasi sama harbolnas bulanan yang kali ini jatuh di angka 11.11. Biar lebih murah harga domainnya. 


Jadi jauh-jauh hari kami dah mantengin web-web penyedia jasa domain. Ada banyak pilihan supplier, tapi bunda sendiri sudah bertekad pakai jasa rumahweb, kabarnya lebih mudah tutorial pemasangannya.

Berburu domain ini hebohnya udah kayak para pecinta Iphone yang antri seri ke 12. Dari malam dah pada kecele mau langsung klik tombol keranjang di rumahweb, secara harga promo yang mereka tawarkan lumayan miring. Padahal tuh tombol baru berfungsi di jam 11.11, jam emak-emak sibuk di dapur nyiapin makan siang biasanya. 

Berhubung hanya tersedia 75 domain di harga promo, bunda pasang alarm dong supaya gak terlewat. Dan bersyukur, akhinya kebagian dan taraaa…bundalillah.com akhirnya jadi TLD bunda. 

Apa sih TLD? 


Sebelum terlalu jauh perasaan kita, eh.. bahasan kita. Mau ngenalin dulu nih apa yang dimaksud dengan TLD. Jujur, sampai kemarin pas turun materi, bunda aja masih nanya apa singkatan TLD. 

Ternyata, TLD adalah singkatan dari Top Level Domain. Ini merupakan sebuah istilah untuk kata di belakang nama domain seperti ***.com (untuk komersial), ***.org (untuk organisasi), ***.net (untuk jaringan) dan banyak lagi yang lainnya. 

Ada juga pilihan domain yang sifatnya global, namun juga ada yang digunakan lokal berbasis negara. Pasti di antara kita ada yang pernah melihat domain seperti *.co.id atau *.net.uk dan lain-lain. 

Alasan Memasang TLD 


Ada banyak alasan yang membuat seorang blogger memilih domain TLD untuk blognya. Pada awalnya bunda sendiri belum terpikir untuk migrasi dari sub domain blogspot, meski kadang memimpikan naik ke jenjang TLD. 

Lagi-lagi kelas Blogspedia Coaching mencerahkan pikiran dan mendorong cupuers agak naik ke tingkat yang lebih professional. Dan ternyata memang banyak sebab yang membuat bunda dan kamu harus naik ke jenjang yang lebih serius, eaaa.. 

  • Memakai TLD akan memperlihatkan profesionalisme dari blog kamu. Apalagi kalau website yang dipasang adalah untuk toko online. Penggunaan domain berbayar akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap toko kamu. 
  • TLD yang berbayar ternyata juga berujung pada tingkat reputasi sebuah blog. Hal ini akan berpengaruh secara signifikan pada kesadaran dan ketertarikan pengunjung untuk meramaikan blog kamu. Hasilnya tentu ke traffic blog yang semakin baik. 
  • Pemakaian TLD biasanya akan mempersingkat Url blog kamu, sehingga orang akan mudah mengingat nama tersebut. Ini akan memudahkan pengunjung untuk melakukan kunjungan langsung ke blog jika menemukan artikel yang menarik. 
  • Memilih TLD pun ternyata membuatnya lebih SEO friendly. Search engine bekerja dengan melihat reputasi sebuah web, dan bukan rahasia umum, web yang menggunakan TLD mendapatkan reputasi yang sangat baik. Hal ini membuat kualitas SEO website kita meningkat tentunya. 
  • Yang tidak kalah menarik, memasang TLD menjadi pemikat bagi para advertiser untuk memasang iklan di website kamu. Meski ini bukan menjadi tujuan dan sifatnya hanya bonus, tapi siapa yang gak senang jika blog yang telah dioptimalkan sedemikian rupa kemudian membagi hasilnya. 

Lebih dari itu semua, harapan bunda memiliki blog impian yang berkualitas dan bernilai pro pun sudah semakin dekat di depan mata. Maka memasang TLD adalah sebuah keharusan. 

Pengalaman Pertama Memasang TLD 

Gambar untuk Logo Rumahweb



Seperti yang sudah bunda ceritakan tadi, alhamdulillah bunda masih kebagian jatah domain di harga promo. Sebelum membeli tentu bunda harus melakukan register sehingga memiliki akun di rumahweb. Tahapannya: 

1. Buka website rumahweb.com 

2. Klik login di kanan atas. 

3. Jika belum memiliki akun, maka pilih register. Ikuti langkah demi langkah yang ada lalu klik save. 

4. Setelah masuk ke akun di rumahweb, lakukan proses pembelian domain dengan memasukkan nama domain yang kamu mau. 

5. Selanjutnya tinggal melakukan proses transfer. Pastikan memilih cara pembayaran yang paling mudah dan ingat nominal pembayaran yang ditagih, bukan yang tertera di invoice

6. Jika pembayaran telah berhasil, maka akan masuk email untuk melakukan verifikasi akun. 

Nah, sampai di sini, kamu baru punya domain saja. Proses selanjutnya adalah yang utama, yakni bagaimana mengaktifkan dan memasang TLD tersebut. Coach Marita dah menyiapkan tutorial cara memasang TLD yang rinci dan mudah pemakaiannya, sila cek di sini ya. 

Jujur, pas proses pemasangan deg-degan banget. Tutorial dari coach, bunda baca pelan-pelan, khawatir ada yang terlewat. Bersyukur, baik coach dan teman-teman cupuers selalu siaga membantu kalau ada yang perlu ditanyakan. 

Alhamdulillah, bunda merasa tidak ada kendala yang berarti saat melakukan pemasangan TLD dengan nama bundalillah.com. Tutorial yang detil dengan bahasa yang mudah dimengerti, memudahkan semua proses. Satu lagi, kamu juga harus sabar dan teliti saat mengerjakan. 

Yah, anggap ini tantangan yang memacu adrenalin sehingga semangat melakukannya. Apalagi kalau melihat teman-teman yang sudah berhasil, makin terpacu rasanya. Dan itu semua terbayar kepuasan saat melihat Url yang sudah naik level menjadi TLD. 

Menaikkan Level dengan Pasang TLD 


Setiap blogger pasti memimpikan memiliki domain di tingkat top level. Tapi beragam hal memaksa mereka bertahan hanya bermain di sub domain. Kebanyakan karena alasan keuangan dan kekurang mampuan mengelola blog. Ibaratnya, sayang banget dah bayar mahal tapi dari dirinya sendiri belum ada kedisiplinan mengelola blog. 

Jadi menurut bunda, semua keinginan harus dibarengi dengan usaha. Mau punya blog profesional, sanggup beli domain top level, maka harus punya rencana dan strategi dalam menata blog. Coach bilang, harusnya uang buat bayar domain bisa balik dalam setahun. Waah…. 

Harapan bunda pribadi, mudah-mudahan TLD yang telah dipasang ini, menjadi peringatan diri untuk bersikap profesional mengelola blog. Bahwa ada nilai uang yang telah dikeluarkan dan harus dipertanggungjawabkan. Ada janji menjadikan blog yang dimiliki, bisa bermanfaat buat banyak orang. Aammiin… 


Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, pasang TLD-mu dan rasakan naik roller coaster ke level yang lebih tinggi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                            

Related Posts

23 komentar

  1. Yeaayyy 🥳🥳
    TLD terpasang, semoga artikel kita semua jd berkah ya Bund 🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. ammiin...iya mbak Pida.
      Harus makin semangat nulis nih, kuy lah :)

      Hapus
  2. Tulisan bunda makin kerren, ajarin dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh...bapak kan orang sibuk, mana sempaaat heheeheh

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Keren banget ini.... menginspirasi buat bunda2 yg lain

    Smangatttt terus buat bunda lillah....

    Salam

    Ecki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah....
      Senang kalau bisa menginspirasi

      Hapus
  5. MasyaAllah.. keren, Kk Nurul... 👏👏👍👍👍 mmng pantas dlevel ini dan trs berkarya 💪💪💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah...syukron emif
      Makin semangat nih kalau dibaca Emif :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Alhamdulillah....tinggal penasaran mau utak atik template biar makin cantik blognya

      Hapus
  7. Keren mbak, berhasil pasang tanpa hambatan. Selamat ya mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah....modalnya telaten.
      Dibaca bolak balik tutorialnya pelan-pelan.
      Maklum takut salah...heheheh

      Hapus
  8. Selamat naik level jadi TLD yah Mba 🤗

    BalasHapus
  9. Bener-bener berisik kelas kita sewaktu pasang TLD. openingnya kok sama, sehati ya Bu Lil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kah? :)
      Belum main ke blog mbak Septi nih...

      Ngintip ahh

      Hapus
  10. Selamat bundaa, sudah officialy naik tingkat jd TLD ><
    Harapan yang sama utk diriku juga, semoga dengan naik tingkat ini jd lebih rajin dan semangat menulis hihii :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak...
      Harus rajin nulis
      Insyallah mau ikut ODOP ah nanti

      Hapus
  11. aamin untuk harapannya
    semoga aku pun sama hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahh...dirimu merendah saaay
      Padahal bunda banyak terbantu darimu
      Makasih ya

      Hapus
  12. Balasan
    1. Alhamdulillah, mudah-mudahan terus semangat menghasilkan tulisan yang bermanfaat

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email