HeaderBundaLillah

Selamat Menjadi Blogger Profesional

2 komentar

 

Selamat Hari Blogger Nasional



Mungkin banyak orang seperti saya yang berpikir blog hanya sekedar wadah menulis, tidak pernah membayangkan menjadi blogger profesional. Just it and never think moreover about it. Yang ngerasa boleh kok ngacung di komen 😊 


Pada kenyataannya, blog telah mengantarkan seorang Raditya Dika mendapatkan penghargaan the online inspiring award dari provider kartu seluler Indosat, di Indonesia tahun 2009. Bahkan seorang Gina Trapani, blogger sukses dari negeri paman Sam, sukses menjadi seorang milyuner dengan webnya lifehacker


Kemajuan internet saat ini, memungkinkan kita menjadikan blog sebagai mata pencaharian, alih-alih hanya untuk menyalurkan hobi. Apalagi jika mengingat potensi optimasi blog masih terbuka lebar. Dari seratusan juta pemakai internet di Indonesia, jumlah blogger hanya sekitar 5%. Jika mengacu pada bisnis, maka masih banyak porsi kue yang bisa kita ambil. 


Sejarah Perkembangan Blog 

Mengutip Wikipedia, blog adalah singkatan dari web log, aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan pada halaman web. Situs web seperti ini, biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan yang dicari oleh si pengguna blog tersebut. 


Blogger, sebagai perangkat publikasi blog pertama di dunia, diluncurkan di tahun 1999. Empat tahun kemudian, google mengakuisisi perusahaan pemilik Blogger, yakni Pyra Labs dan menggratiskan seluruh layanan premium yang awalnya berbayar. 

Tidak terekam jelas kapan fasilitas ini akhirnya masuk ke Indonesia, tapi yang pasti seorang Raditya Dika sudah mengenal blog sejak tahun 2001. Di tahun 2005, dia berhasil membukukan kumpulan kisahnya di blog dalam sebuah buku yang berjudul kambing jantan. 

Di sekitaran awal tahun 2000an pula, komunitas-komunitas blogger mulai bermunculan. Masa itu, blog baru sekedar berisi curahan hati dan pikiran para penulisnya. Seperti halnya diari yang berpindah dari buku ke komputer. 

Seiring waktu, dengan semakin membaiknya fitur-fitur yang ditawarkan para pengembang template, isi blog pun menjadi lebih bervariasi. Beberapa penulis menjadikannya sumber rujukan yang bisa dicari via search engine, yang tentunya mendapatkan keuntungan dari pihak google. 

Blog pun kemudian menjadi salah satu hasil revolusi digital yang semakin digandrungi masyarakat Indonesi. 

Hari Blogger Nasional 


Pada tahun 2007, tepatnya tanggal 27 Oktober, sebuah even gathering para blogger yang bertajuk pesta blogger, mencetuskan sebuah keputusan dari Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Hari itu telah ditetapkan sebagai hari blogger nasional. 

Adanya hari tersebut, bukan hanya menunjukkan perhatian pemerintah terhadap keberadaan blogger di Indonesia, tapi juga pengukuhan akan eksistensi blog-blog dalam negeri yang telah berperan banyak dalam kemajuan informasi. 

Ditambah lagi, empat tahun kemudian, saat perayaan hari blogger nasional ke empat, disepakati untuk menaikkan nilai blog bukan semata menjadi jurnal bisnis, tapi juga memasukkan nilai bisnis di dalamnya. 

Demi tujuan tersebut, para blogger pun kemudian berbenah. Karena untuk menjadi blogger profesional, dibutuhkan konten blog yang berkualitas, yang memenuhi parameter adsense. Di tulisan berikut, insyaallah akan saya bahas ini, tunggu ya.. . 

Tips menjadi blogger professional 


Blog saat ini makin banyak dan bertumbuh. Konten blog pun semakin beragam. Ada blog yang secara spesifik memilih niche tertentu, ada yang masih gado-gado. Pilihan mana pun tentu ada konsekuensi masing-masing. 

Buat kamu dan saya yang baru saja memulai dunia per-blog-an ini, pasti kepingin punya blog yang bisa mencerahkan banyak orang kan? Bukan hanya tulis dan posting lalu selesai. Ada banyak blogger yang bisa kita serap ilmunya lho.. 

Gina Trapani, CEO blog lifehacker yang beromset jutaan dollar Amerika, mengisi blognya tentang hal-hal sehari yang dibutuhkan sebagai solusi dalam kehidupan. Sederhana namun diminati banyak orang. Ia pun menggunakan kekuatan media sosial untuk mendongkrak blognya. Dan hebatnya, di blog tersebut, pengunjung tidak hanya bisa membaca tapi juga boleh ikut menulis. 

Untuk blogger di Indonesia, ada satu orang keren yang hanya lulusan SMP. Merintis karir sejak 2011 bermodalkan hape jadul yang layarnya masih sekian baris, Sugeng Riyadi kini sukses menjadi pengembang template. Satu hal yang beliau miliki yakni rasa tidak pernah puas. Modal itu yang kini membuat dua templatenya yakni Evo dan Viomagz, dicari banyak orang. 

Tentu masih banyak blogger hebat dan profesional lain yang dapat kita serap ilmunya menjadi inspirasi. Tapi kurang afdol rasanya kalau tidak berguru langsung sama coach pribadi saya. Kita intip yuk, apa sih resep coach Marita hingga menjadi blogger profesional dengan banyak penghargaan. 

1. Mencintai Proses 


Tanpa cinta sama proses ngeblog, kita nggak akan punya bahan bakar untuk mau terus belajar. Mengutip pendapat para pakar talent, yang dimaksud bakat adalah sesuatu yang kita lakukan dengan mudah dan menyenangkan. Kalau kamu cinta menulis, pasti mudah untuk menjalani semua proses dalam ngeblog. 

2. Update wawasan 


Blogging adalah sesuatu yang bertumbuh. Setiap saat ada hal-hal baru. Kalau nggak mau belajar dan update wawasan ya kita akan stuck di tempat yang sama. Lagi-lagi banyak membaca adalah modal kita dalam menambah wawasan, tidak hanya tentang blog, tapi utamanya tentang konten yang akan kita tulis 


3. Update Skill 


Blogging itu tak sekadar bisa menulis. Ada banyak ketrampilan di luar menulis. Harus mau tahu dan belajar tentang ketrampilan tersebut jika ingin meningkatkan kualitas blog kita. Contohnya jika kita ingin meningkatkan kualitas blog agar bisa dilirik oleh search engine, maka artikel harus SEO friendly. 


Optimasi SEO ini merupakan skill minimal yang harus kita pahami sebelum posting tulisan. Optimasi ini pun membuat blog kita semakin rapi dan sistematis. 

4. Menantang Diri 


Ada kalanya sebagai blogger kita perlu menantang diri, dengan mengikuti lomba atau kompetisi untuk mengecek seberapa okekah kapasitas atau kualitas kita. 


Selain untuk mengukur diri, kompetisi juga bisa menjadi batu loncatan agar blog kita semakin dikenal. Syukur-syukur jika menang, tentu blog kita akan semakin dipercaya, baik oleh masyarakat pada umumnya, maupun pihak ketiga yang memakai jasa kita. 

5. Target Uang Bukan Segalanya 


Jangan pernah menargetkan uang. Karena ketika target kita nggak juga tercapai, kita akan cepat mandheg ngeblognya. Temukan big why kenapa kita ngeblog dan jadikan itu pegangan hingga akhir. 


Tugas kita sebagai manusia adalah menanam, urusan panen itu urusan yang diatas. 
Cak Nun 

Monetisasi di blog adalah bonus. Jika performa blog kita bagus, insyaallah bonus pun akan datang. 

6. Berjamaah 


Ngeblog sendirian itu melelahkan. Carilah komunitas blog yang akan memberikan kita support saat berproses menjadi seorang blogger. 


Bener banget nih, karena manusia tidak bisa hidup sendirian. Justru dengan banyak merangkul orang, banyak keberkahan yang kita dapat. 

7. Konsistensi 


PR seumur hidup yang sampai sekarang juga masih jadi PR diri sendiri. Konsisten update postingan, konsisten menjaga kualitas tulisan dan konsisten untuk selalu berbagi.. karena blogging tanpa konsistensi hanyalah impian. 

Bismillah, harus bertekad kuat demi yang satu ini. Konsisten butuh disiplin, dan disiplin notabene menanggalkan malas. 


Gimana temans…oke kan tips dari coach Marita. Insyaallah bisa kita amati, tiru dan modifikasi sesuai kesanggupan kita demi menjadi blogger profesional. Terakhir, selamat hari blogger nasional ya.. . Selamat merayakan bahagia bersama menjadi blogger 😃

Related Posts

2 komentar

  1. Subhanallah, calon bloger profesional ini mah

    BalasHapus
  2. Insyaallah sama-sama terus berjuang ya mbak..

    Sukses bareng dong

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email