HeaderBundaLillah

Antara Pemuda, Blog dan Rahasia Pageview

1 komentar

Pemuda, blog dan rahasia pageview

           
"Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia."
"Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia."
"Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."


92 tahun yang lalu, sekitar 700 pemuda lantang mengumandangkan sumpah itu di Batavia. Kesadaran bahwa mereka harus bersatu dan menanggalkan semua kesukuan, melebur jadi satu dalam teks yang ditulis pujangga Minang, Muhammad Yamin.

31 tahun kemudian, hari pertemuan para pemuda itu, baru ditetapkan sebagai hari sumpah pemuda. Setiap tahunnya diperingati agar pemuda tak lupa mereka pernah terpuruk sebelumnya. Meski tak semua pemuda memahami makna di sebaliknya.

====

Hari ini saya terpaku di depan laptop, menyadari tak pernah ada jalan hidup yang tidak mungkin. Meski tidak lagi bisa dibilang muda, siapa sangka masih berkesempatan mengembangkan diri (gak usah lihat badan yang emang udah ngembang dari kecil ya 😰).

Bukan hanya berkesempatan mengikuti kelas Blogspedia Coaching besutan coach Marita selama tiga bulan, gratis tis. Tapi juga diberi peluang mengikuti kelas Marathon Coaching yang diadakan oleh coach-coach senior dari Growthing.id.

Berlangsung selama tiga hari sejak tanggal 25 Oktober hingga puncaknya di hari Blogger Nasional tanggal 27 Oktober. Kelas online via zoom itu menghadirkan pembicara-pembicara yang ahli pada bidangnya, namun tetap dengan gaya santuynya.

Tidak hanya bertaburan ilmu, tapi juga hadiah-hadiah keren dambaan para blogger pemula seperti saya. Jujur, acara itu membuat saya semakin bersemangat menekuni blog sebagai salah satu bentuk karya.

Nah, hingga dua hari ke depan, saya mau berbagi ulasan tentang kelas-kelas keren itu nih... Mudah-mudahan bermanfaat ya buat pembaca semua.

Meningkatkan Traffic Blog


Materi pertama yang disampaikan coach Rini tentang meningkatkan traffic/pageview, langsung menggedor miskinnya otak saya tentang dunia blog. Padahal owner Neo Digital Writer ini menyampaikan materi dengan jelas dan gamblang, dimudahkan pula dengan slide presentasi yang menarik.

Jadi, dari sekian juta blogger di Indonesia, masih banyak yang belum memahami fungsi blog dengan baik. Blog baru menjadi tempat ajang curhat ataupun sarana menulis saja. Ya, seperti saya yang bahkan terabaikan bertahun-tahun, duh.

Padahal sebenarnya, blog bisa kita bawa lebih produktif dan menghasilkan. Untuk menjadi blog yang bernilai tinggi pasti tidak mudah, dalam catatan coach Rini, ada beberapa masalah yang masih banyak terjadi, misal:
1. Banyak blog masih mengabaikan jumlah traffic blog atau pageviews (PV)
2. Belum paham manfaat menaikkan PV..
3. Bingung bagaimana caranya menaikkan views.
4. Fokus ke authority tapi lupa optimasi
Berangkat dari rangkaian masalah ini, maka perlu dicari solusinya untuk kemudian dibahas bersama.

1. Apa Itu Pageview?


Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Seorang pengunjung, bisa saja hanya melihat-lihat, jika tertarik ada yang akan dibacanya. Syukur-syukur dia mendapatkan manfaat dari blog kita kemudian memberi komentar bahkan ikut share isi blog kita.
Sekedar berkunjung dan melihat saja sudah tercatat sebagai pengunjung. Oleh karenanya kita kadang mendapati artikel dengan judul yang terlalu bombastis untuk menarik minat orang berkunjung.

Semakin tinggi jumlah pageview, semakin bagus pula kualitas blog dan kontennya.

Beberapa istilah yang bisa kita temui terkait PV, di antaranya:
a. User/visitor, yakni orang yang berkunjung ke blog kita
b. UV/unique visitor adalah pengunjung yang kedatangannya ditentukan oleh IP address, browser dan cookies yang tersimpan di setiap browser.
c. Bounce Rate yaitu persentase dari visitor yang meninggalkan sebuah halaman tanpa meninggalkan tindakan seperti mengklik link.

1 pengunjung bisa mendatangkan lebih dari 1 PV jika membuka banyak halaman

2. Pentingnya Menaikkan PV Blog


Di bagian ini, coach Rini menyadarkan kami tentang berharganya nilai kunjungan pembaca ke blog.

a. PV tinggi harapan semua pejuang adsense
Jika kita sudah memutuskan blog menjadi sumber penghasilan, maka harusnya kita tahu bahwa tingginya kunjungan pembaca ke halaman kita adalah indikator yang diperhatikan para pemasang iklan.

b. Meningkatkan conversion rate
Yang dimaksud dengan ini adalah persentase dari pengunjung blog dan kemudian melakukan hal yang menguntungkan pemilik bisnis berbanding total pengunjung blog.

c. PV tinggi menandakan blog dan konten berkualitas
Betul sekali, bagaimana mungkin orang akan berkunjung jika blog dan konten kita tidak berkualitas. Ingat kata kunci, blog berkualitas akan mendatangkan pengunjung lebih banyak karena mereka nyaman berada di tempat kita.

d. Meningkatkan Rate Card (harga) kita
Berbicara soal ini memang termasuk wilayah sensitif karena tidak ada standar baku di antara sesama blogger. Tapi tentunya kita harus paham bahwa performa blog kita akan sangat menentukan harga jual kita sendiri.

e. Memperbesar peluang mendapat tawaran kerjasama
Agensi atau advertiser banyak memakai parameter PV sebagai syarat blog yang layak diajak kerjasama.
Sampai sini, makin paham deh kenapa sih kita harus menaikkan traffic blog.

Sumber-Sumber Traffic Blog

a. Organic Search
Dikenal juga dengan istilah natural search, yaitu kunjungan alamiah yang tidak mengandung sponsor atau karena dibayar.
b. Direct
Jika kamu sudah terbiasa membuka satu web yang kamu butuhkan, biasanya kamu langsung ketik nama web tersebut di mesin pencari. Kegiatan seperti inilah yang dimaksud dengan istilah ini.
c. Social
Traffic yang dirujuk dari situs-situs sosial seperti Facebook, Twitter dan lain sebagainya.
d. Referral
Saat membaca sebuah situs, kadang kita menekan link dari situs lain yang dirujuk oleh situs yang kita baca. Hal ini yang disebut dengan referral.

3. Cara Menaikkan PV Blog

Ada banyak cara yang dapat dilakukan seorang blogger dalam menaikkan traffic blog. Butuh keseriusan dan waktu yang memang cukup untuk melakukannya. Namun akan sangat signifikan dalam hasil, jika ini dilakukan.

a. Riset Keyword

Cara pertama adalah dengan melakukan riset, kira- kira kata kunci apa yang sedang banyak dicari orang. Menulis artikel dengan kata kunci yang sedang viral, berpotensi meningkatkan jumlah pengunjung ke blog kita.
Coach Rini mengatakan, sebagai perempuan yang kebanyakan mengedepankan rasa, maka dia banyak mengandalkan intuisinya dalam mendapatkan kata kunci yang bagus.
Tapi buat kamu yang cenderung menyukai logika, ada banyak aplikasi pencarian kata kunci yang bisa digunakan seperti Google Keywor Planner misalnya.
Masukkan prediksi keyword, lihat volume pencarian. Direkomendasikan volume 100-1000 per bulan yang dianggap baik untuk dituliskan artikelnya.

b. Menulis artikel SEO (Search Engine Optimization) dan human friendly

Agar tulisan kita mudah terbaca di situs pencarian, penting memperhatikan masalah SEO. Jika perlu, kita bisa membuat list checklist apakah artikel-artikel yang kita tulis sudah sesuai. Berikut daftar cheklist :

  • Pilih bahasa yang paling nyaman
  • Pilih kata kunci yang tepat
  • Judul berisi kata kunci
  • Perhatikan URL
  • Perhatikan jumlah kata
  • Penempatan kata kunci dan LSI
  • Jumlah kata kunci
  • Heading subheading
  • Link internal dan external
  • Optimasi gambar
  • Meta deskripsi

c. Link Building

adalah sebuah teknik tertentu agar website lain memberikan link (tautan) menuju website kamu.

d. Membuat artikel trending atau viral

Kita dapat memeriksa artikel apa yang sedang trending pada link berikut https://trends.google.com/trends/explore

e. Blogwalking

Kegiatan yang satu ini, termasuk yang saya sukai. Selain mencari informasi yang saya butuhkan, kadang kegiatan berkunjung ke blog lain, juga memberikan pencerahan.

f. Optimasi Pagespeed

Percepatan halaman blog kita pun perlu dilakukan agar pengunjung tidak jenuh karena proses yang terlalu lama. Di antara hal yang dapat kita lakukan terkait ini adalah melalui optimasi infografis, pastikan tidak melebihi 100 kb.

g. Desain blog yang menarik dan navigasi yang jelas

Hal yang sudah bolak balik kita bicarakan dan sudah sama-sama kita sepakati. Kiatnya adalah, jika kita tahu segmen pembaca yang kita tuju, maka perlu mendesain blog sesuai dengan apa yang mereka suka tentunya.

h. Kulik search console

Search console digunakan untuk mengetahui performa blog kita di mesin pencari.

i. Kulik Google Analytics

Fitur ini sangat membantu kita di antaranya dalam melihat statistik pengunjung. Dari sini kita bisa mengembangkan artikel apa yang dapat menaikkan traffic dengan membuat related article.

Alhamdulillah, ternyata dengan menulis kembali apa yang kita dengar, kita lihat dan kita pelajari, ilmu akan semakin terikat. Mudah-mudahan punya banyak waktu untuk mengerjakan PR memperbaiki laman blog agar pageview semakin meningkat.
Menaikkan traffic menjadi sebuah keharusan bagi setiap blogger. Karena tidak ada penulis yang tidak suka jika tulisannya dibaca banyak orang. Ya kan, ya kan?










































































Related Posts

1 komentar

  1. Saya kagum bu sama samangat belajarnya jadi gamau kalah nih hehe

    BalasHapus

Posting Komentar